Kapolri Paparkan 3 Kompetensi Anggota Menuju Polri Presisi

JAKARTA, Kabariku- Kepolisian Negara Republik Indonesia terus bekerja keras dalam menjaga stabilitas dan keamanan di wilayah NKRI. Hal ini diwujudkan dan dibuktikan dengan beberapa prestasi yang pantas diacungkan jempol yang telah dilakukan oleh Polri sepanjang tahun 2021.

Demikian, dalam keterangan Kepala Kepolisian Negara Republik, Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dalam menyambut pergantian tahun 2021 ke 2022, bertempat di Ruang Rupatama Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Di tengah pandemi yang masih belum menentu kapan berhentinya, POLRI harus terus bahu membahu menjaga stabilitas dan pengamanan warga serta wilayah NKRI.

Hal tersebut menjadi salah satu bahan dalam pemaparan Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam agenda “Rilis Akhir Tahun 2021″.

Paparan yang disampaikan oleh Kapolri, terkait ‘Transformasi struktur dengan penguatan organisasi, baik dalam Satuan Kerja Mabes Polri maupun Satwil Jajaran serta melakukan restrukturisasi khusus harkamtibmas bagi beberapa polsek tertentu’.

“Untuk Pencapaian Pengelolaan Instansi Pemerintah, Polri sudah melakukan beberapa hal, dengan penguatan di tubuh satuan tugas Polri,” ujar Kapolri.

Jenderal Polisi Sigit menjelaskan, ada 4 Road Map Transformasi yang sudah dan sedang dilakukan oleh Polri, yaitu Transformasi Organisasi, Transformasi Operasional, Transformasi , Pelayanan Publik dan transformasi Pengawasan.

“Apa yang telah kami laksanakan terkait program tersebut, terkait dengan pelaksanaan dibidang organisasi, sebagai penguatan pengembangan didalam struktur,” ujar Kapolri.

Kapolri menyadari tantangan yang dihadapi Polri, Ia menyebut Densus dengan segala tantangan menjalankan tugas yang diembannya.

“Lalu, Pengembangan dan struktur Brimob. Dimana pada 2022 kita bakalan hadapi Pilkada, Pileg, Pilpres. Dimana polarisasi yang ada. Kemungkinan terjadinya konflik konflik yang mana perlu dihadirkan Polri untuk meredam dan menanggulangi,” imbuhnya mengingatkan.

Kapolri pun meminta kepada seluruh jajarannya di SDM Polri untuk bisa menjadi ‘peramu’ kompetensi nilai etika, kepemimpinan dan teknis untuk mewujudkan Polri yang unggul sebagaimana diharapkan masyarakat, hal itu juga sesuai dengan semangat dari gagasan transformasi Polri yang Presisi (Prediktif, Resposibilitas, dan Transparansi Berkeadilan)’.

Kapolri mengutarakan, Pemimpin sebagai teladan dan melayani anggota serta masyarakat. Pemimpin harus meningkatkan 3 kompetensi anggotanya sehingga dapat mengurangi potensi penyimpangan anggota.

Kompetensi Anggota Menuju Polri Presisi tersebut meliputi: prediktif, responsibilitas, transparansi, dan berkeadilan membuat pelayanan dari polri lebih terintegrasi, modern, mudah, dan cepat.

3 kompetensi Anggota Menuju Polri Presisi

Pertama kompetensi etika, polri harus memiliki maanajemen nilai, penalaran moral. Moralitas individual, moralitas publik, dan etika organisasi (Tribrata dan Catur Prasetya).

Sebagaimana disebutkan dalam Brata III pelindung, pengayom, dan pelindung. Sedangkan pada catur prastya memuat pedoman kerja Polri.

Dari segi internal, Kapolri menyebut SDM yang unggul akan mampu membuat Polri jauh lebih baik lagi kedepannya. Sehingga, kepercayaan dari masyarakat terhadap polisi akan terus meningkat kedepannya.

Kedua kompetensi leadership, meliputi penilaian dan penetapan tujuan, keterampilan manajemen hard/soft, gaya manajemen, keterampilan politik dan organisasi, serta evaluasi.

Cerminan dari karakter kepemimpinan yang akan menjadi pedoman dasar bagi pemimpin Polri dimasa datang serta mewarnai perjalanan karirnya untuk menjadi pemimpin yang baik bagi Polri.

Ketiga kompetensi teknis, dalam kompetensi teknis ini meliputi pengetahuan tentang hukum, manajemen program dan strategis, dan manajemen sumber daya.

Dalam melaksanakan tugas pokok (tupok) Polri di era reformasi ini, maka selain pendidikan (pelatihan), sistem operasional Polri pun disusun secara terencana, sistematis, dan bersinergi guna terpeliharanya Kamtibmas demi terwujudnya Keamanan dalam Negeri (Kamdagri).***

*Sumber: Press Release Akhir Tahun 2021

Red/K.000

Tinggalkan Balasan