Tol Bandung- Tasik – Cilacap Masuk Proyek Strategis Nasional, Inilah Jalurnya

Interchange Gedebage. (*)

KABARIKU – Tol Bandung – Garut – Tasikmalaya – Ciamis – Cilacap masuk menjadi salah satu 64 ruas tol dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Hal ini tertuang dalam Perpres 56/2018 tentang Perubahan Kedua atas Perpres 3/2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dan Surat Menko Bidang Perekonomian Republik Indonesia nomor IPW/65/M.EKON/03/2020 tanggal 18 Maret 2020 tentang Proyek Strategis Nasional.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menjelaskan, dari 64 ruas yang masuk PSN tersebut, 14 ruas di antaranya sudah beroperasi penuh, 10 ruas sudah beroperasi sebagian, 26 ruas sedang dalam konstruksi atau pengadaan lahan, 14 ruas masih pada tahap perencanaan.

“Serta 1 ruas dicoret dari PSN yakni Tol Palembang-Tanjung Api-api,” kata Hedy, Selasa (20/10/2020).

Dijelaskannya, Tol Palembang – Tanjung Api-api rencananya dibangun untuk mendukung Pelabuhan Samudera di Tanjung Ai-api. Namun karena rencana pembangunan Pelabuhan Samudera belum final, maka rencana Tol Palembang _ Tanjung Api-api ditunda terlebih dahulu.

“Tol dan pelabuhan tersebut diproyeksikan terintegrasi dengan kawasan ekonomi khusus atau KEK. Namun kelihatannya rencana Pelabuhan Tanjung Api-api ini belum final, belum ada kejelasan kapan dibangun. Sehingga nanti tidak akan efektif, bangun tol tapi pelabuhannya tidak ada. Maka untuk sementara kita tunda dulu,” ujarnya.

Dari 64 ruas tol yang masuk PSN, ujar Herdy, 9 ruas di antaranya merupakan usulan baru. Yaitu 4 ruas penambahan lingkup PSN sebelumnya dan 5 ruas baru.

Ruas penambahan PSN sebelumnya yakni Tol Ngawi-Kertosono-Kediri, Tol Bogor Ring Road, Tol Depok-Antasari, dan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo.

Lima lainnya adalah ruas baru yakni Tol Bandung (Gedebage)- Garut – Tasikmalaya-Cilacap, Tol Akses Pelabuhan Patimban, Semarang Harbour Toll Road, Tol Maros-Sungguminasa-Takalar, dan Tol Samarinda-Bontang.

Herdy menyebutkan, untuk Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, sudah lama direncanakan akan tetapi baru akan diinisiasi awal tahun depan.

“Sekarang baru lelang, kemudian tahun depan mungkin kita bisa mulai pengadaan tanahnya sehingga pertengahan tahun kita harapkan konstruksinya sudah bisa dimulai,” katanya.

Sementara itu, dari data yang dikumpulkan Kabariku, berikut sejumlah kecamatan yang akan dilalui Tol Bandung-Garut-Tasikmalaya-Cilacap”

Garut

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan, akhir tahun 2020 ini pembangunan tol akan memasuki tahap pembebasan lahan. Menurutnya, di Kabupaten Garut ada tujuh kecamatan yang akan dilintasi dan akan dibangun dua gerbang tol.

“Lahan yang dibutuhkan seluas 475,63 hektare,” ujarnya Juli 2020 lalu kepada wartawan.

Sementara kecamatan yang dilalui yaitu Kadungora, Leuwigoong, Leles, Banyuresmi, Karangpawitan, Garut Kota dan Cilawu.

Kota Tasikmalaya

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman mengatakan, ada empat kecamatan di wilayah Kota Tasikmalaya yang akan dilalui tol Bandung-Garut-Tasikmala-Cilacap, di antaranya Kecamatan Mangkubumi, Kawalu, dan Cibeureum.

“Targetnya di tahun 2021 sudah mulai pembebasan lahan dan tahun 2022 sudah dimulai pembangunannya,” ujar Budi usai kegiatan pembahasan progres pembangunan Jalan Tol Bandung – Tasik – Cilacap bertempat di Hotel Horison Kota Tasikmalaya, Rabu, 22 Juli 2020.

Ciamis

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, menyebutkan rencana pembangunan jalan tol Bandung – Tasikmalaya – Cilacap semula akan melewati wilayah Ciamis Utara (dari Rajapolah- Cihaurbeuti-Sadananya –Baregbeg).

Namun, lanjut Herdiat, rencana berubah. Jalur baru tol yaitu dari Tasikmalaya melintasi wilayah Ciamis Selatan yaitu Cimaragas-Pamarican-Banjarsari terus ke Kalipucang wilayah Pangandaran.

“Itu hasil rapat pematapan rencana pembangunan jalan tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap di Gedung Sate beberapa hari lalu. Exit tol untuk Ciamis nanti ada di Cimaragas,” ujar Herdiat Sunarya kepada para wartawan usai kegiatan sosialisasi gerakan ‘Magrib Mengaji dan Salat Berjamaah’ di Aula Setda Ciamis, Kamis (3/10/2019) siang.

Ditambahkannya, exit tol di Cimaragas akan terkoneksi dengan Jalan Lingkar Selatan dan terkoneksi dengan rencana pembangunan jembatan Betman yang menghubungkan Benteng (Ciamis) dan Manonjaya (Tasikmalaya). (Ref)

Tinggalkan Balasan