Lanjutkan Kerjasama UNIGA-UPSI Tandatangani MoU, 20 Mahasiswa FPIK Dikirim ke Malaysia

Garut, Kabariku- Universitas Garut (UNIGA) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) pada hari Jumat, 28 Juli 2023 lalu di Tanjong Malim, Malaysia.

Penandatanganan MoU tersebut ditandatangani antara Dekan Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan (FPIK) Uniga Dr. Hj. Hilda Ainissyifa, M.Ag., dengan Prof. Dato Dr. Md Amin bin Md Taff sebagai Vice Chancellor dari UPSI dan disaksikan oleh Rektor Universitas Garut Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amien, M.Eng., IPU.

Selain dihadiri Rektor Universitas Garut serta Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama, Dr. Irfan Nabhani, S.E., M.T., dan Dekan FPIK Uniga, Dr. Hj. Hilda Ainissyifa, M.Ag.

Turut hadir pula Wakil Dekan 1 FPIK, Asep Tutun Usman, M.Pd., Wakil Dekan 2, Dr. Masripah, M.Si., Kaprodi dan beberapa dosen di Lingkungan FPIK UNIGA.

Rektor UNIGA menjelaskan kerjasama ini bagian tidak lanjut kebersamaan yang telah terjalin cukup lama, implementasinya adalah MoU ini, dan kerjasama ini berfokus pada bidang pendidikan.

“Secara umum dalam kerjasama ini kita tetap berkolaborasi pada lingkup Tri Dharma Perguruan Tinggi, tapi karena UPSI ini kuat di bidang pendidikan jadi kita lebih menekankan kerja sama pada bidang pendidikan,” ungkapnya.

Disebutkan, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut mengirimkan 20 Delegasi mahasiswa dalam Student Mobility and Exchange Programmes serta penandatanganan kerjasama Letter Of Intent di Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia.

“Salah satu bentuk kerja sama yang sudah dilakukan antara UNIGA dengan UPSI adalah pertukaran mahasiswa, yang mana UNIGA telah mengirimkan mahasiswa KKN Internasional dari FPIK sejumlah 20 mahasiswa di tahun 2023,” terangnya.

Kegiatan yang dilakukan selama pertukaran mahasiswa berlangsung di antaranya; Seminar Bersama antara mahasiswa UNIGA dengan UPSI, Site in atau pembelajaran di kampus UPSI, kunjungan ke desa-desa di Tanjung Malim Malaysia, kunjungan ke sejumlah sekolah dan kampus ternama di Malaysia.

Dekan FPIK UNIGA, Dr. Hj. Hilda Ainissyifa, M.Ag., berharap kegiatan kerjasama ini semoga kedepannya dilanjutkan dengan kolaborasi yang lebih menyeluruh.

Misalnya melakukan Join Research dan Join Publication, saling memberikan kuliah di Magister Pascasarjana UNIGA dan UPSI memberikan penawaran kepada dosen-dosen UNIGA untuk mengajar di UPSI.

“Dengan adanya peluang mengajar di UPSI dosen-dosen kita bisa go international,” tutur Dekan FPIK.

Rektor UNIGA berharap kerja sama ini dapat menjadi pilar pendukung bagi pengembangan serta kemajuan kedua perguruan tinggi di bidang pendidikan, yakni UNIGA dan UPSI.

Kegiatan mahasiswa FPIK UNIGA selamat di UPSI:

-Sesion Class dan pengenalan kampus UPSI;

-Pengajaran ke sekolah Malaysia;

-Kunjungi Pusat aktivitas warga emas (pedesaan);

-Eksplorasi silang budaya;

-Adventure based Challenge (edu-forest);

-Penelitian bersama mahasiswa FPIK UNIGA dengan mahasiswa UPSI.***

Red/K.101

Tinggalkan Balasan