Tinggal di Jepang Aoki Bangga dengan Indonesia

Aoki Vera Kurniawati (Foto: FB)

KABARIKU – Pada Juni 2019 lalu, wanita ini sempat dihadirkan untuk menjadi narasumber dalam kegiatan diskusi dengan para pelaku UMKM asal Indonesia yang ingin menembus pasar Jepang. Tribunnews.com yang menurunkan berita itu, menyebut wanita itu merupakan pengamat kualitas produk Indonesia untuk Jepang.

Namanya Aoki Vera Kurniawati. Pada kegiatan tersebut, Aoki memaparkan bagaimana sikap dan selera orang Jepang terhadap produk kuliner. Menurutnya, orang Jepang benar-benar sangat teliti dan higienis dalam soal makanan. Selain itu, mereka pun mementingkan keindahan dan kecantikan soal kemasan.

Saya mendapatkan kehormatan, dari Bank Indonesia untuk menjadi salah satu nara sumber di acara Sharing Season Diaspora bersama dua pengusaha asal Indonesia yang sudah berhasil di Jepang,” ungkap Aoki Vera Kurniawati, pengamat kualitas produk Indonesia untuk Jepang khusus kepada Tribunnews.com Selasa ini (25/6/2019).


Aoki memang tinggal di Jepang. Lepas dari itu, ia cukup aktif di media sosial. Pada Pemilu/Pilpres 2019 lalu, Aoki mendukung Jokowi, bahkan konon ia menjadi saksi untuk pasangan 01 (Jokowi-Ma’aruf Amin). Aoki pun aktif menuliskan dan mengupload komentar-komentarnya tentang Pemilu/Pilpres, termasuk sosok calon presiden dan dinamika para pendukungnya.

Namun rupanya sejumlah komentar Aoki dinilai keterlaluan oleh pihak yang bukan pendukung Jokowi. Maka pada awal Oktober 2018 lalu, rumahnya di Jepang sempat didatangi oleh sejumlah orang. Peristiwa itu memunculkan pendapat beragam. Ada yang menyatakan bahwa Aoki dipersekusi, namun ada pula yang menyatakan sejumlah orang yang datang itu hanya mau minta klarifikasi. Yang jelas, kedatangan sejumlah orang ke rumah Aoki membuat pihak kepolisian Jepang turun tangan melakukan penjagaan.

Aoki mengaku di bawah Presiden Jokowi kini ia merasa bangga menjadi orang Indonesia.

Awalnya, sebuah koran di Jepang menurunkan berita yang memuji Presiden Jokowi. Aoki yang bangga karena Presiden RI diberitakan positif oleh koran Jepang, menceritakan isi berita itu lewat video.

“Ibu ini menjelaskan apa yang tertulis dalam koran yang memuji Jokowi ini.

Isi berita ini menjelaskan awalnya Jokowi menjadi pengusaha mebel.

Kemudian menjadi Walikota Solo, dilanjutkan menjadi Gubernur DKI Jakarta, dan kini telah menjadi Presiden Indonesia.

“Dia ingin benar-benar merubah negaranya. Dia ingin merubah kepincangan-kepincangan pembangunan yang ada di Indonesia menjadi pembangunan merata bagi seluruh rakyat Indonesia.

Terus terang kalau saya yang lama tinggal di sini, dulu ya dulu sebelum Indonesia namanya mencuat.

Kalau ditanya asal kamu dari mana? Saya agak malu saya menyatakan saya dari Indoensia.

Karena negara kita dulu dikenal sebagai negara tukang minta-minta di sini.”

Namun kini ia bangga menajdi warga Indonesia, setelah nama Presiden Joko Widodo masuk ke dalam pemberitaan Jepang.

Bukan lagi pemberitaan yang negatif, namun kini kabar positif yang masuk dalam surat kabar Jepang tersebut. (Tribunnews.com, 29 Januari 2019). (Ref)

Tinggalkan Balasan