Survei SMRC: 57 Persen Publik Puas dengan Kinerja Pemerintah Tangani Krisis Ekonomi Akibat Covid-19

  • Bagikan
Warga menerima bantuan sembako yang digulirkan pemerintah di tengah pandemi Covid-19. (Foto: Dok. Kemensos)

KABARIKU – Survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan mayoritas publik puas dengan kinerja pemerintah menangani krisis ekonomi akibat Covid 19. Sekitar 57% warga merasa puas, sementara yang tidak puas 39%.

Hal ini disampaikan Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas, pada rilis daring survei nasional SMRC bertajuk “Sentimen Publik Nasional terhadap Kondisi Ekonomi-Politik tahun 2020 dan Prospek 2021” pada 29 Desember 2020, di Jakarta. Survei Nasional SMRC dilakukan melalui wawancara per telepon kepada 1202 responden yang dipilih secara acak (random) pada 23-26 Desember 2020. Margin of error survei diperkirakan +/-2.9%.

Menurut Abbas, kepuasan dengan kinerja pemerintah menangani pemulihan ekonomi akibat Covid-19 secara umum positif dan cukup stabil. Pada survei 9-12 September 2020 angkanya adalah 53%, sementara dalam survei terakhir ini menaik sedikit menjadi 57%.

Survei SMRC ini juga menunjukkan bahwa mayoritas warga, sekitar 75%, percaya Presiden Jokowi mampu membawa Indonesia keluar dari krisis ekonomi akibat wabah Covid-19. Yang tidak percaya 18%.

“Tingginya tingkat keyakinan ini terlihat di survei-survei SMRC sepanjang Mei-Desember 2020,” ujar Abbas.

Menurut Abbas, survei SMRC menunjukkan walaupun hampir 80% warga menganggap kondisi ekonomi Indonesia lebih buruk dibandingkan tahun lalu, namun pada saat yang sama mayoritas warga percaya bahwa kondisi ekonomi akan membaik.

“Kepercayaan membaiknya kondisi ekonomi ini tampaknya berhubungan dengan keyakinan masyarakat bahwa Pemerintahan Jokowi sudah menangani krisis ekonomi dengan baik,” kata Abbas. (Has)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *