Irjen Pol Andry Wibowo Pimpin Monitoring dan Evaluasi Satgas Saber Pungli di Provinsi Sumatera Selatan

Sumsel, Kabariku- Tim dari Kementerian Politik Hukum dan Keamanan (Kemenpolhukam) RI melakukan kunjungan kerja (Kunker) guna memonitoring dan mengevaluasi Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) di Provinsi Sumatera Selatan.

Tim yang dipimpin Irjen Pol Andry Wibowo beserta Tim Saber Pungli Kemenko Polhukam RI, diterima kedatangannya oleh Irwasda Polda Sumsel Kombes Pol Feri Handoko Soenarso, selaku Ketua UPP Provinsi Sumatera Selatan, Dirbinmas Polda Sumsel Kombes Pol Sofyan Hidayat erta Kapokja lainnya yang diwakili para PJU Polda Sumsel. Selasa (5/3/2024) yang lalu.

Hadir juga Irdaprov, Zulkarnain selaku Waka, I UPP Provinsi Sumsel,Asswas Kajati Sumsel Dyah Ayu, selaku Waka I UPP Provinsi Sumsel, ketua Ombudsman wilayah Sumsel, Perwakilan Pomdam II Sriwijaya dan Ketua UPP Madya /Kota Palembang di ruang kerja Sekretariat Satgas Saber Pungli Provinsi Sumsel.

Feri Handoko Soenarso S dalam sambutannya mengatakan, terkait pungutan liar sudah lama didengungkan oleh pemerintah pusat untuk itu bagaimana pemerintahan kita di daerah bisa menciptakan situasi dalam melaksanakan tugas yang good governance.

Hal ini, lanjut Irwasda, harus dilaksanakan dan diingatkan terus menerus. Dirinya berharap kegiatan ini bisa mengingatkan semua di daerah, untuk bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan tidak keluar dari koridor-koridor dari pemerintahan yang baik dan bersih.

“Kami sangat mengharapkan masukkan-masukan dari Tim yang hadir, agar menjadi bekal dan catatan bagi kami dalam pelaksanaan tugas ke depan,” tutur Alumni Akpol 93 ini.

Sementara itu Sekretaris Saber Pungli Pusat Irjen. Pol. Dr. Andry Wibowo, S.I.K., M.H., M.Si., yang juga ketua Tim menjelaskan satgas saber pungli mempunyai tugas melaksanakan pemberantasan pungli secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil satker, saran dan prasarana baik yang berada di kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah.

Dijelaskan Andry Wibowo, yang paling menonjol dari monitoring dan evaluasi ini adalah sampai sejauh mana pemerintah daerah setempat punya perhatian kepada Unit Pemberantasan Pungli (UPP) seperti tim konsolidasi dan pembangunannya.

Lebih lanjut dikatakan Andry, tugas dari tim Kemenpolhukam ini adalah mensosialisasikan dan melakukan penguatan sehingga UPP-UPP di provinsi dan kabupaten/kota yang sudah dibentuk dan dibangun kemudian berkinerja.

“Kita percaya UPP-UPP baik di kementerian, lembaga, Provinsi maupun kabupaten dan kota tentu melakukan sosialisasi langsung maupun tidak langsung. Dengan demikian UPP-UPP tersebut bisa dimonitor dan dievaluasi,” paparnya.

“Untuk di kementerian, lembaga serta di Pemda, selain UPP bisa juga dikembangkan UPG. Kalau UPP koordinator di atas itu Satgas Saber Pungli, tapi kalau UPG dipantau langsung oleh KPK, yaitu di Deputi pencegahan,” sambungnya.

Kemudian dia mengatakan sampai sejauh mana juga UPP itu dikembangkan oleh pemda setempat baik Provinsi maupun kabupaten/kota. Termasuk di dalamnya sarana dan prasarana yang disiapkan maupun anggaran.

Meski diakui Andry, pelayanan publik yang meningkatkan kepercayaan dari masyarakat dalam negeri maupun luar negeri termasuk investor dan wisatawan masih dirasa belum cukup.

Karena itu, pihaknya mengajak Perangkat UPP Provinsi Sumsel untuk orientasi sekaligus study banding ke UPP Provinsi Jawa Barat guna berbagi pengalaman tambahnya

“Kegiatan Saber Pungli di Sumatera selatan tidak banyak dijalankan dikarenakan anggaran saber pungli Provinsi Sumsel dikenakan rasionalisasi anggaran. Hal tersebut menjadi hambatan bagi pihaknya sebagai perangkat UPP saber pungli,” ungkapnya.

Untuk itu dirinya mengharapkan di tahun-tahun yang akan datang lebih diperhatikan, sehingga kegiatan saber pungli di Sumsel ke depan berjalan lebih baik lagi action di lapangan

Turut hadir dalam kegiatan ini, yang mendampingi Sekretaris Satgas Saber Pungli Pusat beserta Perangkat Saber Pungli Pusat diantaranya Irfan Januar, Firmansyah, Hendra Hasanuddin, Faizal Rahman, Laila Hasda Soka dan Muhammad Egi pada acara tersebut diisi tanya jawab baik kepada peserta yang hadir maupun via Virtual kepada Ketua UPP Madya/Kota melalui Zoom meeting diakhiri foto bersama.***

Red/K.101

Tinggalkan Balasan