Tokoh  

Tak Masuk Kabinet, Mantan Wamen ESDM Arcandra Tahar Disiapkan Jadi Komut PGN

Arcandra Tahar. (*)

KABARIKU – Tak masuk kabinet, mantan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar ternyata disiapkan untuk menjadi Komisaris Utama (Komut) PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). Ahli offshore itu dikabarkan akan dilantik menjadi Komut PT PGN Tbk pada rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB), Selasa 21 Januari 2020 yang akan datang.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, Kementerian BUMN akan menunjuk Arcandra Tahar sebagai Komisaris Utama PGN, menggantikan Komisaris Utama saat ini IGN Wiratmaja Puja.

Arcandra dinilai tepat berada di PGN karena sesuai dengan keahliannya. Diketahui, sewaktu di Amerika Serikat (sebelum masuk jajaran Kabinet Jokowi) Arcandra merupakan pimpinan perusahaan migas setempat. Selain itu pengalamannya sebagai Wamen ESDM diyakini Arcandra memahami kondisi sumber daya gas di Tanah Air.

“Ya, beliau jadi Komut,” kata Arya pertengahan Desember 2020 lalu.

Nama lengkapnya, Ir. Arcandra Tahar, M.Sc., Ph.D. Ia lahir di Padang, Sumatra Barat, 10 Oktober 1970. Lulus SMA tahun 1989, kemudian ia berhasil masuk ITB jurusan Teknik Mesin. Selanjutnya ia mengikuti kuliah S-2 di Texas A&M University, Amerika Serikat hingga selesai.

Arcandra kemudian kembali melanjutkan pendidikan S-3 di Amerika Serikat.

Setelah itu, ia menjadi konsultan di berbagai perusahaan internasional. Arcandra juga memiliki hak paten tentang desain offshore di Amerika Serikat

Kiprah Arcandra dalam bidang gas di Indonesia sangat besar. Ia disebut-sebut memiliki peran penting dalam keberhasilan Presiden Joko Widodo menarik kembali Blok Masela agar dikuasai Indonesia, dengan memutuskan eksplorasi harus dilakukan secara onshore dan bukan offshore. (Ref)

Leave a Reply