Inilah Upaya Terberat Pemberantasan Korupsi Menurut Ketum Vox Pint Indonesia

Ketua Vox Point Indonesia Yohanes Handoyo Budhisejati berbicara dalam diskusi politik seri ke-14 Vox Point Indonesia Menanti Kinerja Pimpinan KPK di Jakarta, Kamis (9/1/2020). (*)

KABARIKU – Ketua Umum Vox Point Indonesia Yohanes Handoyo Budhisejati menilai, masalah terberat dalam pemberantasan korupsi di Indonesia adalah bagaimana mengubah mental dan etika agar tidak ada yang permisif terhadap kejahatan korupsi.

Sebab, kata Yohanes, sampai kapan pun lembaga seperti KPK tak akan bisa memberantas korupsi selama mental korupsi itu masih ada.

“Karena itu, jangan hanya melihat kinerja KPK dari seberapa besar jumlah OTT ataupun jumlah uang negara yang diselamatkan. Namun harus dilihat juga, bagaimana budaya korupsi itu dihilangkan dari bumi pertiwi,” ujar Yohanes dalam diskusi politik seri ke-14 Vox Point Indonesia Menanti Kinerja Pimpinan KPK di Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Diskusi itu menghadirkan pembicara Neta S Pane dari Indonesia Police Watch, Pengamat Politik Ray Rangkuti, dan Ervan Tau sebagai moderator.

Yohanes menilai sangat penting dilakukan pembangunan mental dan etika bagi anak bangsa, agar korupsi benar-benar menjadi hal tabu di Indonesia.

“Jadi bagaimana bangsa ini harus mengubah budaya korupsi menjadi budaya tidak korupsi,” jelasnya.

Ia mengajak semua elemen masyarakat tanpa kecuali, agar membangun wajah Indonesia yang bebas dari korupsi.

“Korupsi itu seperti penyakit kanker. Sangat berbahaya dan menakutkan. Maka harus disembuhkan. Ini yang menjadi tawaran kita. Vox melihat bagus kalau kita mempertanyakan bagaimana kinerja KPK. Namun akar penyakit korupsi harus disembuhkan,” jelasnya.

Menurut Yohanes, negara harus hadir untuk mengubah mindset bahwa budaya upeti, suap, dan korupsi itu harus dilawan dengan pendidikan moral dan etika yang baik. (Has)

Leave a Reply