Surat Terbuka PPJNA 98 untuk Presiden Jokowi: Hadapi Krisis Dunia Akibat Virus Corona

Anto Kusumayuda. (*)

KABARIKU – Sebagai dukungannya terhadap Pemerintahan Joko Widodo, namun juga sekaligus sebagai kekhawatirannya melihat situasi dan kondisi kekinian, Perhimpunan Pergerakan Jejaring Nasional Aktivis 98 – PPJNA 98 mengirim surat terbuka kepada Presiden Jokowi.

Inti dari surat tersebut adalah seruan agar Presiden Jokowi melakukan Refleksi dan Evaluasi Nasional atas perjalanan bangsa dan negara. Tujuannya, selain sebagai langkah membangun kebersamaan, persatuan nasional dalam menghadapi berbagai ancaman bahaya yang akan datang terhadap bangsa dan negara, juga agar kesalahan-kesalahan di masa lalu tak terulang dalam pemerintahan Jokowi.

Inilah lengkapnya surat terbuka PPJNA 98 untuk Presiden Jokowi:

Surat Terbuka untuk Bapak Presiden Jokowi: Refleksi dan Evaluasi Nasional untuk Menghadapi Krisis Dunia Akibat Virus Corona

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

Semoga Allah, Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungi kita semua seluruh warga bangsa Indonesia tercinta. Aamiin YRA.

Di tengah situasi yang terjadi Virus Corona mewabah di dunia, sampai WHO menyatakan darurat Virus Corona ini berakibat pada kontraksi ekonomi dunia ancaman krisis ekonomi dunia khususnya ekonomi negara-negara yang memiliki kerjasama atau ketergantungan pada perkonomian Tiongkok. Salah satunya menjadi ancaman pada perekonomian Indonesia.

Di tengah-tengah situasi Indonesia yang baru memasuki awal pemerintahan periode 2 kepemimpinan Jokowi, dihadapkan permasalahan BUMN, Jiwasraya, Asabri, pertumbuhan ekonomi di bawah 5 % yang stagnan dan permasalahan lainnya. Bapak Jokowi dihadapkan permasalahan di dalam pemerintahan yang masih belum mau berubah, masih mempertahankan orang orang lama yang anti reformasi, masih mempertahankan budaya KKN, yang tidak bekerja totalitas dalam melayani rakyat. Malahan amanah perjuangan reformasi dan amanah para pahlawan pendiri bangsa, amanah para Aulia, para ulama dibelokan dan dibajak untuk melanggengkan kepentingan pragmatis, kepentingan oligarki orde baru.

Untuk menghadapi situasi yang terjadi berbagai permasalahan di dalam negeri, permasalahan di dalam pemerintahan dan menghadap berbagai ancaman dari luar salah satunya ancaman penyebaran virus Corona dan ancaman dampaknya terhadap perekonomian nasional. Oleh karena itu kami atas nama Perhimpunan Pergerakan Jejaring Nasional Aktivis 98 – PPJNA 98, menyampaikan pernyataan sikap surat terbuka untuk Bapak Presiden Jokowi, yaitu :

  1. Bapak Presiden Jokowi menyerukan secara nasional melakukan Refleksi dan Evaluasi Nasional atas perjalanan bangsa dan negara, jangan sampai ada yang salah yang telah dilakukan atas perjalanan bangsa dan negara ini. Sekaligus sebagai langkah membangun kebersamaan, persatuan nasional dalam menghadapi berbagai ancaman bahaya yang akan datang terhadap bangsa dan negara ini.
  2. Paska 100 hari pemerintahan. Bapak Presiden Jokowi melakukan evaluasi total pada Jajaran Kabinet Indonesia Maju, jangan sampai kabinet yang ada membebani Jokowi, tidak loyal malahan merusak agenda dan program Pemerintahan Jokowi.
  3. Sebagai komitmen atas agenda perjuangan reformasi Tuntaskan Semua Skandal Korupsi, Bapak Presiden jangan takut, akan didukung rakyat dalam menumpas mengadili tanpa pandang bulu siapa pun yang terlibat dalam skandal mega korupsi, BLBI, Petral, Jiwasraya, Asabri. Jangan sampai Jokowi jadi korban permainan mafia, konglomerat hitam, birokrat hitam, jenderal-jenderal hitam yang bekerjasama dengan perampok perampok uang rakyat uang negara. Babat habis koruptor – rakyat akan bersama Jokowi … !!!.
  4. Mengajak pada seluruh anak negeri untuk tidak henti-hentinya berdo’a, bershalawat memohon ampunan dan perlindungan pada Allah SWT, Tuhan YME untuk selalu melindungi negeri Indonesia tercinta di tengah berbagai ancaman, musibah alam, musibah ancaman virus Corona dan ancaman musibah bencana sosial. Hanya Allah pemilik kekuasaan alam semesta yang memiliki kuasa dan takdirnya untuk negeri ini. Aamiin YRA.

Demikian surat terbuka, pernyataan ini kami sampaikan semoga bermanfaat dan menjadi energi positif untuk kemaslahatan dan keberkahan negeri tercinta Indonesia.

Hasbunallah wani’mal wakil ni’mal Maulana wani’mal Nasyir

Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.

Padepokan Seni Budaya Prabusantoaan Nusakerta Cikembar Sukabumi, 16 Feb 2020.
Perhimpunan Pergerakan Jejaring Nasional Aktivis 98 – PPJNA 98

Salam Hormat
ANTO KUSUMAYUDA
Ketua Umum

ABDUL SALAM NUR AHMAD
Sekretaris Jenderal

*

(…… Negeri Ini Amanah dari Para Pahlawan, Para Pendiri Bangsa, para Aulia, Para Ulama, Raja Raja Nusantara, Kepala Suku Adat, Petapa, Kasepuhan Budaya dan amanah perjuangan Reformasi …)

(Has)

Exit mobile version