Sukarelawan Montana Dampingi Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta Penelitian di Taman Nasional Gunung Gede

CIANJUR, Kabariku- Sukarelawan Montana, Organisasi Kesukarelawanan bekerjasama dan bermitra dengan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede, Pangrango (BB TNGGP) Cibodas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Sukarelawan Montana yang memiliki tugas pokok mengelola hutan kawasan konservasi untuk memberikan manfaat secara optimal kepada masyarakat luas dalam pemanfaatan dan pengembangan kawasan hutan konservasi.

“Sukarelawan Montana  dalam melaksanakan kegiatan kerjasama  kemitraaan melakukan Pendampingan terhadap mahasiswa yang sedang Praktek Kuliah Lapangan (PKL) sebagai upaya pengembangan kelembagaan dan kemitraan untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dibidang konservasi,” kata Achmad Zaeni Takbir Ketua Sukarelawan Montana. Selasa (2/8/2022).

Achmad Zaeni menjelaskan, Sejak 11 Juli 2022 lalu, Sukarelawan Montana melakukan pendampingan mahasiswa Universitas Negeri Jakarta, Fakultas MIPA, Ratih Tryas Intani yang sedang melakukan penelitian.

“Kami mendampingi mahasiswa PKL UNJ untuk melakukan penelitian tentang distribusi dan kelimpahan Leptohryne spp di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango,” tambahnya.

Ratih Tryas Intani mahasiswi UNJ yang sedang PKL secara terpisah  mengatakan, PKL di BB TNGGP untuk pengambilan  data.

“Sesuai arahan dari dosen pembimbing  selama enam bulan kedepan, untuk di Cibodas sendiri selama 1 bulan. Selanjutnya akan melakukan penelitian di jalur Selabintana dan Goalpara Sukabumi,” katanya.

Ratih merasa bersyukur mendapat pendampingan dari Sukarelawan Montana dan petugas Resort Cibodas dalam proses penelitiannya.

“Alhamdulillah, selama pengambilan data dan pengamatan selalu didampingi oleh Sukarelawan Montana dan Petugas Resort Cibodas. Adanya teman-teman Sukarelawan sangat membantu dalam melakukan proses penelitian katak merah dan katak pasir sebagai objek yang saya cari. Karena mengingat di Cibodas jalur pendakian objek yang dicari, sering terganggu para pengunjung yang lewat,”  tutup Ratih.***

Red/K.101

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.