Hukum  

Mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti: Tenggelamkan Kapal China, Jangan Berikan Opsi Lain

Susi Pudjiastuti.(*)

KABARIKU – Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti memberikan komentar atas masuknya kapal-kapal ikan China yang didukung oleh China Coast Guard (CCG) ke Perairan Natuna.

Ia menyatakan, Indonesia jangan memberikan opsi lain atas pelanggaran tersebut. Dengan Undang-Undang (UU) Perikanan Nomor 45 tahun 2009, menurut Susi, KKP bisa meminta dan memerintahkan untuk menangkap dan menenggelamkan kapal-kapal yang melintasi Zona Ekslusif Ekonomi (ZEE).

“KKP bisa minta dan perintahkan untuk tangkap dan tenggelamkan dengan UU Perikanan nomor 45 tahun 2009, jangan beri opsi lain,” tulis Susi lewat unggahan Twitternya, @susipudjiastuti, Jumat (3/1/2020).

Masih dalam akun Twitternya pada Sabtu (4/1/2020) Susi mengatakan, hubungan baik antarnegara harusnya saling menghormati kedaulatan masing-masing.

Ia menegaskan, harus dibedakan antara persahabatan, hubungan ekonomi dan pencurian.

“Kita jaga persahabatan antarbangsa. Kita undang investor untuk investasi. Kita jaga investor. Dan kita akan tetap menghukum pencuri sumber daya perikanan kita. Kita bedakan tiga hal itu dengan baik dan benar,” tutur wanita asal Pangandaran, Jawa Barat, ini. (Ref)

Leave a Reply