JB Sumarlin, Menteri dengan Senyumnya yang Menyejukkan Itu Telah Berpulang

JB Sumarlin.*

KABARIKU – Prof. Drs. Johannes Baptista Sumarlin, M.A., Ph.D, atau yang lebih dikenal dengan JB Sumarlin, kini telah tiada. Sosok kalem dengan bibir selalu menyungingkan senyum untuk Indonesia itu, telah dipanggil Sang Maha Pencipta pada Kamis (6/2/2020) sekitar pukul 14.00.

JB Sumarlin, negarawan kebanggaan Indonesia itu berpulang saat dirawat di RS Carolus, Jakarta. Almarhum yang kini disemayamkan di rumah duka MRCC Siloam Semanggi, rencananya akan dimakamkan di San Diego Hills pada Senin, 10 Feburari 2020.

JB Sumarlin merupakan salah satu sosok andalan Presiden Soeharto dalam menjalankan pemerintahan. Jebolan Universitas Indonesia tahun 1958 ini sempat memegang sejumlah jabatan penting, di antaranya Ketua BPK, Menteri Keuangan, Ketua Bappenas dan Menteri Negara Penertiban Aparatur Negara (Menpan).

Jauh sebelum masuk lingkaran pusat kekuasaan, ia mengabdi di Bappenas sebagai Deputi Bidang Fiskal dan Moneter dan menjadi pengajar di Universitas Indonesia.

Tahun 1970-1973, Sumarlin dipercaya menjadi Sekretaris Dewan Moneter. Lembaga ini diketuai oleh Menteri Keuangan, Gubernur BI sebagai Wakil Ketua dan Menteri Perekonomian sebagai anggota. Salah satu tugas Dewan Moneter adalah memberi nasihat mengenai keuangan negara atau organisasi keuangan negara.

Dari sanalah karier Sumarlin melejit. Dari tahun tahun 1973 hingga 1983, sosok kalem ini ditunjuk menjadi Menteri Negara Penertiban Aparatur Negara (Menpan), merangkap Wakil Ketua Bappenas dan Ketua Opstib.

Presiden Soeharto rupanya memiliki kepercayaan penuh kepada Sumarlin. Pada masa-masa menjadi Menpan, Sumarlin sempat pula ditunjuk sebagai Menteri Keuangan ad interim dan Menteri Pendidikan & Kebudayaan ad interim. Bahkan sebagai Mendikbud ad interim, dijabat Sumarlin semala dua kali yakni pada tahun 1973 menggantikan Prof. Dr. Ir. Soemantri Brodjonegoro yang wafat, kemudian tahun 1985 menggantikan Prof. Dr. Nugroho Notosusanto yang juga wafat.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku mengidolakan sosok Sumarlin. Sri Mulyani merupakan mahasiswa JB Sumarlin saat kuliah di UI.

“Ia sosok suri tauladan dalam berbagai hal. Saya mahasiswa beliau saat kuliah di UI. Dan beliau memiliki komitmen luar biasa dalam mengajar,” jelasnya, Kamis (6/2/2020).

Data pribadi:

Prof. Drs. Johannes Baptista Sumarlin, M.A., Ph.D,
Tempat/tgl lahir, Blitar, 7 Desember 1932
Meninggal dunia 6 Februari 2020 (umur 87)

Istri: Theresia Yostiana Soedarmi

Anak:

Ignatius Widyantoko
Sylvia Efie Widyantari
Antonius Widyatma
Fransiskus Widyanata
Khristina Widyastuti

(Ref)

Leave a Reply