Pendirian Kampung Inggris di Desa Situgede Karangpawitan Garut

Garut, Kabariku- Sebuah inisiatif baru untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris masyarakat Garut telah dimulai di Desa Situgede, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut. Kampung Inggris ini direalisasikan oleh Kepala Desa Situgede, bekerja sama dengan Yaman Suryaman, pemilik You Key English Cafe yang pernah menempuh pendidikan S3 di Liverpool, Inggris.

Pendirian Kampung Inggris ini bertujuan untuk membantu masyarakat menguasai bahasa Inggris dengan mudah dan efektif.

Tujuan Pendirian Kampung Inggris

Kepala Desa Situgede, Dedi Suryadi, A.Ag., menyatakan bahwa tujuan utama pendirian Kampung Inggris ini adalah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menguasai bahasa Inggris.

“Kami berharap dengan adanya Kampung Inggris, masyarakat di sini bisa lebih mudah belajar bahasa Inggris dan meningkatkan kemampuan komunikasi mereka dalam bahasa internasional ini,” ujar Kepala Desa. Minggu (16/06/2024).

Pelibatan Masyarakat dalam Proses Pembelajaran

Saat ini, pelatihan bahasa Inggris sedang dilakukan kepada masyarakat Desa Situgede. Program ini melibatkan seluruh lapisan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

“Kami fokus pada pengajaran kepada masyarakat terlebih dahulu, sehingga mereka nantinya dapat saling berbagi pengetahuan dan membantu satu sama lain dalam proses belajar,” tambah Yaman Suryaman.

Ketika masyarakat sudah menguasai Bahasa Inggris maka suatu hari nanti yang belajar Bahasa Inggris di kampung ini akan tinggal Bersama masyarakat dan Bahasa Inggris menjadi Bahasa keseharian di Desa Situgede.

Metode Pembelajaran yang Komunikatif dan Menyenangkan

Yaman Suryaman, yang memiliki pengalaman luas dalam pengajaran bahasa Inggris, mengembangkan metode pembelajaran yang lebih komunikatif dan menyenangkan.

“Kami ingin agar belajar bahasa Inggris tidak menjadi beban, tetapi sebuah pengalaman yang menyenangkan. Metode yang kami gunakan dirancang agar peserta dapat berinteraksi langsung dan praktis dalam penggunaan bahasa Inggris sehari-hari,” jelas Yaman.

Mewujudkan Cita-Cita Menguasai Bahasa Inggris

Yaman Suryaman juga menekankan bahwa semua orang dapat menguasai bahasa Inggris selama mereka memiliki keinginan yang kuat.

“Saya percaya bahwa setiap orang mampu menguasai bahasa Inggris jika mereka sungguh-sungguh ingin belajar. Melalui Kampung Inggris ini, kami memberikan kesempatan dan alat yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut,” jelas Yaman.

Dengan adanya Kampung Inggris di Desa Situgede ini, diharapkan masyarakat Garut dapat lebih siap menghadapi tantangan global dan memiliki keterampilan bahasa yang bermanfaat untuk berbagai aspek kehidupan.

Program ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk mengembangkan inisiatif serupa dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris masyarakat.

Manfaat Ekonomi Bagi Masyarakat Situgede

Jika nanti masyarakat sudah siap dengan kemampuan Bahasa Inggris nyam aka akan banyak orang yang dating dan belajar di desa ini. Secara ekonomi, ketika banyak orang yang berkunjung dan menetap di desa Situgede untuk belajar Bahasa Inggris maka orang tersebuat akan mengeluarkan uang nya untuk keseharian di desa Situgede.

Maka akan banyak manfaat ekonomi yang dapat dirasakan masyarakat seperti homestay, catering, laundry, warung kopi dll.

Sehingga nantinya manfaat pembelajaran Bahasa ini bukan hanya membantu orang-orang menguasai Bahasa Inggris tetapi juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat Situgede secara tidak langsung.

“Konsep ini untuk meningkatkan kemandirian masyarakat desa,” Yaman menutup.***

Red/K.101

Tinggalkan Balasan