PD IWO Kabupaten Garut Dilantik, Asisten Pemkesra Tekankan Peningkatan Kompetensi Wartawan

Garut, Kabariku- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menyambut baik pelantikan Pengurus Daerah (PD) Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Garut Masa Bakti 2024-2029. Acara pelantikan yang diadakan di Aula Hotel Augusta, Jalan Raya Cipanas, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, pada Rabu (26/9/2024), dilakukan oleh Ketua Umum PP IWO, Dwi Christianto.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Garut, Bambang Hafidz, menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus IWO Kabupaten Garut yang baru dilantik.

Ia berpesan agar pengurus segera menjalankan visi dan misi yang telah disusun serta menjalankan amanah organisasi dengan baik.

Bambang berharap, IWO Kabupaten Garut dapat terus menjadi mitra pemerintah dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, serta berperan dalam pelaksanaan pembangunan dan komunikasi dua arah antara masyarakat dan pemerintah.

“Saya kira pesannya kepada Pak Raja, yang sudah dikenal di masyarakat maupun di kalangan wartawan. Beliau ingin meningkatkan kompetensi wartawan, kami mendukung itu,” ungkapnya.

Ketua PD IWO Kabupaten Garut Masa Bakti 2024-2029, Raja Risnandi, menyatakan bahwa dirinya mendapatkan amanah sebagai Ketua IWO Kabupaten Garut. Pada masa kepemimpinannya, ia akan berfokus pada pengembangan kompetensi wartawan.

“Karena saya berpengalaman dari awal semenjak wartawan begitu merangkak, bagaimana ingin lolos uji kompetensi, ingin pelatihan-pelatihan yang saya kerjakan alhamdulilah saya yang melakukan hal itu, ingin memberikan (juga) kepada rekan-rekan,” ungkapnya.

Selain berfokus pada profesi kewartawanan, IWO Kabupaten Garut juga berencana berkolaborasi dengan pihak swasta membangun sinergi untuk kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Di lapangan membantu masyarakat rumah kumuh dulu, siswa-siswi yang gak punya, kami membantu hal itu minimal. Maksimal kami berkontribusi langsung kepada hal-hal tersebut,” ucapnya.

Ia menambahkan, bahwa sebelum melaksanakan kegiatan sosial tersebut, pihaknya akan melakukan pembenahan internal terlebih dahulu dengan mengurus legalitas para anggota IWO Kabupaten Garut.

“Kami juga akan membentuk tim untuk pencarian informasi dan kolaborasi dengan pemerintah, serta membangun kemajuan ilmu di era teknologi informasi,” lanjutnya.

Raja mengungkapkan, pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Garut untuk menyelenggarakan pelatihan bagi wartawan pemula.

“Karena banyak kan yang ingin masuk bergabung dengan wartawan IWO, kami otomatis harus mengajak mereka itu ayo kita berlatih dulu, ayo kita dibekali dulu sebagai langkah-langkah agar mereka di lapangan tidak minder, mempunyai dasar apa yang harus dilakukan di lapangan,” tandasnya.

Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat Masa Bakti 2024-2029, terdiri dari Pembina, Dewan Kehormatan, dan Pengurus Harian, terdiri dari: Ketua (Raja Risnandi), Sekretaris (Juhendi Majid), Bendahara (Dasep Badruzaman).

Dibantu bidang-bidang, yaitu: Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK), Bidang Kesejahteraan Anggota dan Usaha, Bidang Advokasi dan Hukum, Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan (Litbang), Bidang Hubungan Masyarakat (Humas), serta 22 orang anggota.***

Red/K.101

Tinggalkan Balasan