KKN Fakultas Hukum Bhayangkara Raya Sosialisasi Pendidikan Demokrasi Sukseskan Pemilu 2024

Bekasi, Kabariku- Program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang telah dilaksanakan selama 1 bulan oleh kelompok Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta Raya yang terdiri dari: Haekel Thadjrizky, M. Ridwan, M. Aqil Siraj, Aisyah Nurul Aeni, Lala Intan Nurcahyani, Aniva Dea, Cindi Eva Sundari, dan Celsyah.

Kegiatan ini terlaksana didampingi Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Dr. Rahmat Saputra, SH., MH.

“Selasa, 13 Juni 2023 Kelompok KKN kami telah melaksanakan penutupan disertai dengan sosialisasi mengenai pendidikan demokrasi bagi masyarakat, agar menjadi pemilih yang cerdas rasional dan bertanggung jawab untuk sukseskan Pemilu tahun 2024,” ungkapnya.

Sosialisasi tersebut disampaikan juga kepada Kepala Desa Tridaya Sakti, Kepala Dusun, Babinsa, Karang Taruna, Ketua RW beserta para jajaran lainnya.

Menurut keterangan Dr Rahmat Saputra SH., MH., kegiatan yang dilaksanakan tersebut selain dirinya juga mengundang narasumber Dr. Amalia Syauket, SH., M.Si., dengan masing-masing membawakan tema Pemilu dengan pembahasan yang berbeda, tetapi ada saling keterkaitan yaitu “Sistem Pengawasan dan Penyelesaian Sengketa Dalam Pemilu 2024”.

Adapun materi tersebut di bahas oleh Dr. Rahmat Saputra, SH., MH., dan pemateri selanjutnya yaitu “Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilu 2024” yang tersebut dibahas oleh Dr. Amalia Syauket, SH., M.Si.

Kedua pemateri tersebut saling membahas terkait potensi terjadinya politik uang.

“Selain mengenai politik uang tersebut pada salah satu pembahasan kita terdapat pembahasan mengenai tipe-tipe relawan dalam Pemilu ungkapnya,” ujarnya.

Disebutkan, ada 4 macam tipe relawan pemilu yaitu :

Pertama, Tipe relawan narsis
Relawan narsis? Seperti apa itu? Relawan narsis ini adalah para relawan yang mencari popularitas dan memiliki agenda sendiri untuk masa depannya, misalnya untuk mendapatkan kepopuleran di era booming – booming nya pemilu.

Kedua, Tipe relawan rente
Relawan rente? Relawan rente adalah Relawan yang fokus merancang dan membuat berbagai kegiatan, demi memperoleh keuntungan materil dari kegiatan tersebut.

Ketiga, Tipe relawan fans club
Relawan fans club? Nah relawan fans club ini merupakan Anak muda maupun artis pendukung yang tingkat melek politiknya masih rendah. Mereka dimobilisasi atau memobilisasi diri melalui dukungan yang terkesan Irrasional.

Keempat, Tipe relawan investor
Selanjutnya ada tipe relawan investor, apakah tidak bahaya baru saja mendengar kata investor apalagi dalam pemilu mari kenali tipe relawan investor ini.

“Jadi relawan investor ini mirip relawan rente, namun targetnya lebih besar dan berjangka panjang. Berani modal, memiliki kemampuan manajemen, dan memiliki proyek kepentingan pribadi maupun kelompoknya,” urainya.

Pihaknya berharap materi yang disampaikan mahasiswa KKN bermanfaat bagi masyarakat.

“Semoga dengan telah terselenggaranya beberapa kegiatan-kegiatan KKN ini serta materi-materi yang telah kami berbagi ilmu pengetahuan dapat menjadi manfaat bagi masyarakat sekitar,” menutup.

Adapun acara penutupan dengan penyerahan Plakat sebagai cinderamata oleh Dr. Rahmat Saputra, SH., MH kepada Kepala Desa Tridaya Sakti dan penyerahan sertifikat penghargaan kepada Dr. Amalia Syauket, SH., M.Si selaku Narasumber Dosen dari Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.***

Red/K.104

Tinggalkan Balasan