Terkait Corona, Sekjen SPP Keluarkan Surat Perintah untuk Anggota

Sekjen SPP Agustiana. (*)

KABARIKU – Sekjen Serikat Petani Pasundan (SPP), Agustiana, menginstruksikan agar seluruh petani yang tergabung ke dalam SPP waspada dan hati-hati terhadap wabah Virus Corona yang sekarang sedang melanda Indonesia, termasuk wilayah Jawa Barat.

Instruksi tersebut disampaikan dalam Surat Perintah Sekjen Serikat Petani Pasundan tentang Antisipasi terhadap Penyebaran Virus Corona tertanggal 20 Maret 2020.

Agustiana menyatakan, surat perintah tersebut ia buat untuk dilaksanakan, baik oleh tingkat pengurus organisasi, pimpinan hingga anggota.

“Ini sebagai bentuk pertanggung-jawaban moral dan kemanusiaan, serta keprihatinan, baik yang terkait dengan pengurus organisasi, para pimpinan dan dengan seluruh anggota, serta antara organisasi dengan masyarakat dan bangsa,” katanya dalam pesan WhatsApp-nya yang diterima Kabariku, Selasa (24/3/2020).

Dalam surat perintahnya, Agustiana menyampaikan delapan poin. Di antaranya agar para kader SPP jangan menganggap sepele dengan penyebaran Virus Corona.

“Namun pula jangan meresponnya secara panik dan berlebihan, tetap tenang, rasional, cerdas dan hati-hati,” ujarnya.

Poin lainnya, kader SPP harus selalu mendukung setiap kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan, terutama tempat-tempat ibadah, saluran air, pusat pendidikan, kantor pemerintahan dan sebagainya.

“Paling khusus rumah orang jompo dan warga miskin,” paparnya.

Agustiana pun memerintahkan agar kader SPP waspada dengan orang-orang dari luar, terutama yang berasal dari zona merah Virus Corona, di antaranya wilayah DKI Jakarta.

“Jaga jarak atau social distancing sehingga terhindar dari virus. Apabila ada yang sakit, terutama batuk, panas dan sesak napas, pengurus organisasi harus sigap dan ikhlas melapor kepada pemerintah atau rumah sakit. Tapi jaga agar tak kontak fisik dengan orang yang sakit tersebut,” ujarnya.

Jika berencana pergi ke Jakarta atau daerah zona merah, lanjut Agustina, sebaiknya rencana tersebut ditunda dulu hingga pemerintah menyatakan bahwa kondisi sudah aman dari Virus Corona.

Masih dalam surat perintahnya, Agustiana memerintahkan agar anggota yang muslim tetap melaksanakan ibadah di masjid namun dengan tetap menjaga jarak, setidaknya 1 meter dengan yang lain. (Has)

Leave a Reply