PAN Pecah, Amin Rais Godok Pendirian PAN Reformasi

Amin Rais. (*)

KABARIKU – Partai Amanat Nasional (PAN) yang kini dipimpin Zulkifli Hasan terancam tergembosi. Pasalnya, Amin Rais, tokoh pendiri partai tersebut sedang menggodok berdirinya partai baru yang kemungkinan besar bernama PAN Reformasi.

Rencananya, PAN Reformasi dideklarasikan pada Desember 2020.

Mantan pengurus DPP PAN yang merupakan loyalis Amin Rais, Agung Mozin, mengatakan, partai baru yang sedang digodok tersebut menguat ke nama PAN Reformasi.

“Dari 30 nama yang diusulkan memang yang menguat Partai PAN Reformasi,” kata Agung Mozin, Sabtu (29/8/2020) lalu.

Agung menambahkan, kemungkinan besar Amin Rais akan menjadi Ketum PAN Reformasi, kemudian salah satu putranya, Hanafi Rais yang sudah menyatakan keluar dari PAN, akan masuk menjadi pengurus.

Menurut Agung, pendirian PAN Reformasi dilatari oleh kenyataan bahwa saat ini PAN sudah keluar dari tujuan awal. Oleh karena itu, semua loyalis Amien Rais sepakat adanya perubahan.

Menurut Agung, bicara PAN adalah bicara Amien Rais, juga bicara Amin Rais tentu bicara PAN.

“Sehingga PAN itu rohnya ada di Amien Rais. Kemudian kalau bicara reformasi, ya Amien Rais saja. Itu dari sisi persepsi luar,” ujarnya.

Diketahui, rencana pendirian PAN Reformasi merupakan buntut dari kongres Kendari pada Februari lalu. Pada kongres tersebut, Amin Rais menjagokan Mulfachri Harahap sementara kubu Zulkifli tetap menjagokan Zulkifli Hasan untuk menjadi ketum yang kedua kalinya.

Dalam perjalanannya kemudian, Hanafi Rais pun menyatakan mundur dari kepengurusan PAN dan rela meninggalkan kursinya di DPR.

Sikap Hanafi ini berseberangan dengan putra Amin Rais lainnya, Mumtaz Rais. yang juga menantu Zulkifli Hasan. Mumtaz yang diusulkan PAN menjadi menteri di kabinet Jokowi ini, tetap mendukung Zulkifli. (Ref)

Leave a Reply