Jasad Eril Ditemukan di Bendungan Engehalde Bern Swiss. Berikut Pernyataan Ridwan Kamil

Kabariku Kedutaan Besar RI (KBRI) Bern, Swiss mengumumkan Anak Sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) telah ditemukan setelah 2 minggu pencarian. KBRI Bern pun mengungkap kronologi detik-detik Polisi Maritim Swiss menemukan Eril.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Swiss Muliaman Hadad mengungkapkan, Polisi Maritim Swiss menemukan Eril di sekitar bendungan Engehalde, Bern, Swiss, pada hari Rabu (8/6/2022) pukul 06.30 waktu setempat.

“Kepolisian telah bertemu kami di kantor KBRI bersama keluarga untuk menyampaikan informasi awal mengenai ditemukannya jasad yang diduga adalah Ananda Eril pada sekitar jam 06.50 pagi waktu Swiss atau jam 11.50 Waktu Indonesia Barat,” kata Mulianman dalam konferensi pers. Kamis (9/6/2022) malam.

Setelah dilakukan pemeriksaan DNA oleh tim forensik setempat, jasad Eril kemudian diserahkan kepada pihak keluarga pada Kamis siang waktu Swiss.

“Sesuai prosedur yang berlaku tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA,” ungkapnya.

Polisi Swiss pun telah mengonfirmasi jenazah yang ditemukan tersebut adalah Eril.

“Kamis 9 Juni 2022 siang pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa hasil tes DNA, bahwa jasad yang ditemukan kemarin adalah ananda Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril hal ini juga sudah disampaikan secara official oleh Polisi Bern,” ucapnya.

Dikabarkan sebelumnya, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) hilang terseret arus Sungai Aare di Kota Bern, Swiss, pada 26 Mei 2022. Pencarian pun berlangsung selama kurang lebih dua pekan.

Hingga Selasa (7/6/2022), pencarian telah mencakup sekitar 30 kilometer wilayah Sungai Aare. Menurut pernyataan Polisi Bern, pemuda 22 tahun itu mengalami situasi darurat saat berenang di sungai tersebut.

KBRI Bern akan mengawal proses pemulangan jenazah Eril sampai ke Tanah Air.

“KBRI juga akan melakukan pengawalan dalam proses repatriasi hingga Ananda Eril tiba di Indonesia,” kata Muliaman.

Selain itu, Muliaman mengatakan KBRI akan memastikan penghormatan terhadap hak-hak Eril sebagai Muslim terpenuhi sesuai dengan syariat Islam sebelum jenazahnya dipulangkan ke Indonesia.

“Kami mohon doa dan dukungan agar seluruh proses kepulangan Ananda Eril ke Indonesia dapat berjalan dengan lancar,” ujar Muliaman.

Setiba di Jakarta nanti, Direktorat Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri akan memfasilitasi proses kedatangan jenazah Eril dan keluarganya di Bandara Soekarno-Hatta.

Sementara itu, Ayahanda Eril, Ridwan Kamil mengatakan jenazah akan tiba di Indonesia pada Minggu, 12 Juni 2022 dan dimakamkan keesokan harinya.

Berikut pernyataan lengkap Ridwan Kamil dalam unggahan di akun Instagram @ridwankamil, Kamis, 9 Juni 2022.

Allahu Akbar!
Alhamdulillah Ya Allah SWT, Engkau telah mengabulkan permohonan doa kami.

Jenazah ananda Emmeril Khan Mumtadz sudah ditemukan.

Jenazah Eril Insya Allah akan kembali ke tanah air di hari Minggu dan dimakamkan di Hari Senin.

Terima kasih kepada KBRI Swiss dan kepolisian/pemerintah Kota Bern atas kerja kerasnya.

Jazakallah kepada semua pihak yang turut membantu dalam pencarian dan kepada yang ikhlas mendoakan Eril, semoga Allah SWT membalas berlipat kebaikan dan keikhlasan anda semua.

Sungguh Tuhanku, kami tenang sekarang. Engkau sungguh Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Pengabul doa kami.***

Red/K.101

Leave a Reply