Tokoh  

Indo Barometer: Prabowo Menteri Berkinerja Paling Bagus Menurut Publik

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (*)

KABARIKU – Lembaga survei Indo Barometer melakukan survei untuk melihat sejauh mana masing-masing menteri yang ada pada Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin dikenal oleh masyarakat.

Survei yang berkaitan dengan 100 hari kinerja Presiden/Wakil Presiden Jokowi-Ma’ruf itu juga untuk melihat sejauh mana penilaian masyarakat atas kinerja masing-masing menteri.

Hasilnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ternyata merupakan menteri yang paling dikenal dan paling bagus kinerjanya menurut masyarakat. Ketua Umum Partai Gerindra ini memperoleh persentase tertinggi di kategori menteri paling dikenal publik dan di kategori menteri yang kinerjanya bagus.

“Prabowo Subianto jadi menteri paling dikenal publik, yakni sebesar 18,4 persen. Persentase tertinggi diperoleh pula oleh Prabowo untuk katagori menteri kinerja paling bagus, yakni sebesar 26,8 persen,”” ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari di Ksatria Arya Wira Room, Hotel Century Park, Senayan, Jakarta, Minggu (16/2/2020).

Di peringkat kedua di katagori menteri paling dikenal publik adalah Menteri Ekonomi Sri Mulyani dengan persentase 10,6 persen, diikuti Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir (8,2%), Menko Polhukam Mahfud MD (7,9%), serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim (5,3%).

Untuk katagori menteri berkinerja bagus, di peringkat kedua juga diduduki Sri Mulyani (13,9%), kemudian Erick Thohir (12,6%), Mahfud MD (7,3%), dan Nadiem Makarim (5,2%).

Alasan publik memilih Prabowo sebagai menteri yang kinerjanya paling bagus di antaranya, kerja nyata (19,5%), orangnya tegas (18%), sudah berpengalaman (16%), cocok sesuai dengan keahliannya (8,7%), dan orangnya berani (8,6%).

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.200 responden pada 9-15 Januari 2020. Adapun teknik pengumpulan data berupa wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan margin of error sebesar 2,83 persen. (ref)

Leave a Reply