Tokoh  

Diminta Erick Tohir, Sandiaga Uno Siap Benahi BUMN Asuransi

Sandiaga Salahudin Uno

KABARIKU – Mantan calon wakil presiden, Sandiaga Uno, bakal membantu Menteri BUMN Erick Tohir untuk membenahi dan mengembangkan BUMN yang bergerak di bidang asuransi.
Kendati demikian, Sandi, panggilan akrab Sandiaga Uno, tak akan menduduki jabatan di BUMN tersebut, baik sebagai direksi maupun komisaris mengingat saat ini Sandi merupakan kader partai politik, yakni sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

Kesiapannya membantu Menteri BUMN, diungkapkan Sandi di Jakarta, pada Sabtu (14/12/2019) lalu.

“Saya akan membantu beliau (Erick Tohir). Ini kehormatan karena bisa berkontribusi kepada bangsa dan negara,” kata Sandi di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu 14 Desember 2019.

Sandi mengakui dirinya tak akan masuk ke lingkungan perusahaan di BUMN yang akan dibenahinya, baik di jajaran direksi maupun komisaris. Menurutnya, hal itu dilakukan untuk menjaga netralitas dan benturan kepentingan.

Ia menyatakan, pembenahan di bidang asuransi sangat mendesak agar tak muncul kasus seperti Jiwasraya dan yang lainnya.

Menurut dia, kondisi BUMN asuransi saat ini harus segera dibenahi terkait munculnya kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang mengalami gagal bayar dan menunggak utang.

Sebelum terjun ke politik, Sandi memang dikenal sebagai seorang pengusaha sukses. Perusahaan pertama yang didirikannya adalah PT Recapital Advisors, perusahaan penasihat keuangan. Perusahaan ini tumbuh besar dan beranak pinak melahirkan sejumlah anak usaha.

Kini Sandi tercatat sebagai pemilik PT Saratoga Investama Sedaya Tbk dengan bidang usaha investasi, pertambangan, telekomunikasi, dan produk kehutanan. Sekedar catatan, pada semester I 2019 lalu, selepas Sandi nyalon wapres, perusahaan ini meraup keuntungan bersih Rp 3,1 triliun.

Perusahaan lainnya, PT Adaro Energy TBK yang bergerak di bidang energi batu bara, merupakan perusahaan terbesar keempat di dunia dalam tambang batu bara. Kini Adaro juga berkiprah dalam energi baru terbarukan dan mulai melirik energi panasbumi.
Kemudian PT Tower Bersama Infrastructure Tbk yang bergerak di bidang infrastruktur telekomunikasi.

Perusahaan PT Provident Saratoga Tbk (PALM), merupakan pengelola perkebunan kelapa sawit. Saat ini, PALM menjadi salah satu penguasa pasar kelapa sawit di Indonesia.

PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk, perusahaan multifinance yang bergerak dalam bidang pembiayaan modal kerja dan investasi dalam sektor otomotif. Perusahaan ini didirikan oleh Sandiaga bersama Edwin Soeryadjaya.

Selain sukses berbisnis, Sandi pun sukses dalam pendidikan. Ia dikenal sebagai mahasiswa yang cerdas. Ia sempat mendapatkan beasiswa di George Washington University. Dia lulus dalam dua tahun dengan IPK 4,00. (ref)

Leave a Reply