Wabup Garut Apresiasi Atas Prakarsa Bakti Sosial Operasi Katarak di Klinik Pratama Tarogong

  • Bagikan

Garut, Kabariku- Soft Opening Klinik Pratama Tarogong di Jalan Otto Iskandar Dinata, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Bakti Sosial Operasi Katarak sebagai rangkaian dari, , Selasa (5/10/2021).

Wakil Bupati Garut, dr. H. Helmi Budiman, M.M., menghadiri acara tersebut, dalam sambutannya Wabup Garut memberikan apresiasi tinggi atas prakarsa dan penyelenggaraan kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak terhadap 80 pasien yang dilakukan oleh Klinik Pratama Tarogong bersama Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung.

“Gangguan penglihatan dan kebutaan merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat, dan katarak merupakan penyebab utama kebutaan di Indonesia dan juga di Kabupaten Garut,” kata dr. Helmi.

Ia meminta agar seluruh warga masyarakat untuk rutin mengecek kesehatan secara berkala baik di Puskesmas ataupun di Rumah Sakit.
“Dengan adanya operasi katarak gratis ini masyarakat yang tadinya terganggu aktivitasnya, nantinya dapat lebih produktif lagi, sehingga dapat lebih meningkat lagi kesejahteraan masyarakat serta dapat memacu laju perekonomian di Kabupaten Garut,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Klinik Pratama, dr. Hj. Hani Firdiani Budiman menyebutkan, katarak merupakan sebuah penyakit yang prevalensinya cukup tinggi sehingga menghambat produktivitas bagi penderita katarak ini. Maka dari itu, pihaknya tergerak untuk melaksanakan bakti sosial untuk pasien katarak di Kabupaten Garut.

“Kita berharap ke depannya semakin banyak kegiatan-kegiatan seperti ini sehingga jumlah penderita katarak di Garut bisa semakin menurun, dan kita bahkan berharap bahwa jumlah penderita katarak itu bisa sampai nol, karenaa tiap tahun peningkatan penambahan pasien katarak itu cukup signifikan,” ucapnya.

dr. Hani menyebutkan ada lebih dari 12 kecamatan di Kabupaten Garut yang mengirimkan pasien katarak salah satunya dari Kecamatan Karangtengah, Kecamatan Selaawi, dan Kecamatan Cilawu.

“Total sebetulnya kita membatasi total penderita katarak yang dioperasi di sini maksimal 50 orang, tapi ternyata sambutannya antusias, sehingga kita dengan berbesar hati menambah porsi maksimal tadi ini sekitar 80 pasien, karena harapan mereka besar sekali untuk bisa dioperasi hari ini di Klinik Pratama Tarogong,” pungkas dr. Hani. ***

*GB_Diskominfo

Red/K.101

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *