Aktif Memberi Kabar

Ilham Yunda : Komnas RIM Mendukung Penuh ProDEM Menggugat UU 2/2020

0 250

KABARIKU – Langkah Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) yang menggugat UU 2/2020 atau UU Corona (PERPPU 1/2020) ke Mahkamah Konstitusi (MK) mendapat banyak dukungan. Setelah sederet nama dan organisasi, dukungan itu kini datang pula dari Komite Nasional Rakyat Indonesia Menggugat (Komnas RIM).

Sekretaris Jenderal Komnas RIM Ilham Yunda menyatakan, Komnas RIM mendukung penuh sikap ProDEM yang telah mengajukan judicial review ke MK atas UU NO 2/2020 yang berasal dari Perppu No I/2020 tersebut. Ilham menyatakan, pihaknya akan terus mengawal proses persidangan di MK sampai Majelis Hakim MK menerbitkan putusan atas gugatan ProDEM tersebut.

“UU 2/2020 mengandung sejumlah aturan yang memberi keleluasaan juga imunitas atau kekebalan hukum bagi pejabat negara yang mengatur dana penanganan wabah virus corona,” kata Ilham dalam pres rilisnya, Minggu malam (28/6/2020).

Menurut Ilham, UU tersebut memberi peluang terhadap penyalahgunaan wewenang dan praktik korupsi atas dana penanganan Covid-19 yang mencapai Rp 900 triliun lebih.

“Korupsi yang membangkrutkan negara serta pemerintah yang sewenang-wenang melanggar konstitusi ini sangat berbahaya,” ujarnya.

Ditegaskannya, kehadiran UU Corona tak hanya melanggar konstitusi, tapi juga bisa menyebabkan negara merugi dan imbasnya kehidupan rakyat yang sedang tercekik akibat dampak virus Corona semakin sengsara.

Bahkan Ilham menyatakan, rakyat Indonesia harus menyadari bahwa saat ini negara sedang terancam dengan PERPPU 1/2020 yang kini telah disyahkan menjadi UU 2/2020.

“Ini merupakan UU yang sangat berbahaya selain RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang ditunda pembahasannya oleh Pemerintah setelah mendapatkan protes yang luas dan besar dari berbagai elemen Rakyat di seluruh penjuru tanah air,” ujarnya. (Has)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.