Andi Arief Pimpin Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat

Andi Arief. (*)

KABARIKU – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah mengumumkan struktur kepengurusan DPP Partai Demokrat 2020-2025, Rabu (15/4/2020).

Salah satu sosok yang ditunjuk adalah Andi Arief. Stafsus Presiden RI Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam (2009-2014) di era SBY itu, menempati posisi Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) pada susunan DPP Partai Demokrat 2020-2025. Sebelumnya, Andi Arief menempati posisi Wakil Sekjen Partai Demokrat sejak 2015.

“Ketua Badan Pemenangan Pemilu, Saudara Andi Arief,” beber AHY dalam konferensi persnya, Rabu (15/4/2020).

Andi Arief lahir di Bandar Lampung pada 20 November 1970. Di era 1990, ia merupakan aktivis pro-demokrasi yang cukup menonjol yang tergabung di Solidaritas Mahasiswa Indonesia untuk Demokrasi (SMID) dan Partai Rakyat Demokratik (PRD).

Di tahun 1998, ia pun sempat mengalami penculikan karena dianggap mengancam Orde Baru.

Ada satu cerita tentang penculikan Andi Arief.

Mendengar kabar anaknya diculik, ayah Andi Arief, K.H. Arief Mahya, terkejut dan tentu sangat sedih. Ia pun mencari keberadaan anaknya yang hilang tersebut.

Karena dekat dengan Gusdur, K.H. Arief Mahya menelepon Gus Dur untuk mengetahui keberadaan anaknya. Aneh, setelah beberapa saat menelepon Gus Dur, Andi Arief berhasil ditemukan. Dan yang paling menggembirakan orangtuanya: kondisi Andi Arief masih hidup.

Andi Arief merupakan jebolan Universitas Gajah Mada (UGM). Selain sebagai aktivis yang berani, juga seorang intelektual. Bukunya yang ditulis bersama Nezar Patria, berjudul “Antonio Gramsci Negara & Hegemoni” menjadi inspirasi banyak kaum muda, terutama kaum muda pergerakan. (Has)

Leave a Reply