KPU Garut Luncurkan “Garlih Palda” Maskot Pilkada 2024 dengan Desain Babancong

Garut, Kabariku- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut resmi meluncurkan maskot dan jingle untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. Acara yang dikemas dengan megah, dihadiri oleh seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tokoh masyarakat serta unsur Muspida di Kabupaten Garut.

Bertempat di aula Hotel Santika, Jalan Cipanas, Garut, Jawa Barat, pada hari Minggu (02/06/2024). Maskot dan jingle yang diluncurkan ini merupakan hasil sayembara yang sejak 5 April 2024 hingga WIB 20 April 2024 sudah dilaksanakan oleh KPU Garut.

Hal yang menarik pada peluncuran maskot dan jingle untuk Pilkada 2024. Dimana maskot yang diluncurkan mengambil desain “Babancong” yang tiada lain ikon Kabupaten Garut yang berada di  Alun-Alun Garut tepatnya di halaman depan Gedung Pendopo.

“Maskot yang kita luncurkan hari ini, adalah hasil sayembara yang diadakan oleh KPU. Dari 50 peserta akhirnya dipilih maskot ikon kota Garut yakni “Babancong”,” ujar Ketua KPU Garut, Dian Hasanudin, Minggu (2/6/2024).

Dian menuturkan, Maskot Pilkada 2024 memilih tema “Babancong” itu sejak sayembara hasil dari penjurian. Dilihat dari originialitas, filosofi serta ada kontek adanya kegarutan.

“Makana ‘Babancong’, ada nilai yang sangat penting dan memiliki sejarah yang memang banyak belum diketahui oleh masyarakat Garut,” kata Dian.

Bangunan “Babancong” yang saat ini berada tepat di halaman Rumah Dinas (Rumdin) Bupati atau depan Gedung Pendopo, masih berdiri tegak. Diketahui, bangunan tersebut merupakan peninggalan pemimpin Garut sejak masa Hindia Belanda.

“Babancong juga pernah digunakan menjadi tempat npidato Presiden RI Ir Soekarno setelah kemerdekaan,” ungkap Dian.

Ditegskan, dengan menjadi maskot Pilkada 2024, Babancong tentunya memiliki gagasan bagi pemimpim untuk membawa Garut lebih baik.

“Babancong identik dengan pusat informasi dari pemimpin bagi masyarakat. Ini menjadi sebuah perjuangan serta mengingatkan kembali pada pera pemimpin,” cetusnya.

Maskot “Babancong” Melekat di Setiap Sosialisasi KPU

Setelah diluncurkan menjadi maskot pada Pilkada 2024, KPU Garut akan terus memasang maskot “Babancong” termasuk setiap kegiatan sosialiasasi pada seluruh masyarakat.

Dian juga menambahkan, KPU Kabupaten Garut mulai bulan Juni akan bergerak cepat melakukan sosialisasi, kemudian merekrut Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) serta melakukan verifikasi daftar pemilih.

“Kita akan on fire dan bergerak cepat, mengingat waktu ke pemilihan sudah sangat dekat. Merekrut Pantarlih dan melakukan verifikasi daftar pemilih,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Teknis KPU Jabar Adi Saputro mengatakan, pemungutan suara Pilkada serentak hanya 177 hari lagi. Waktu tersebut bukanlah waktu yang panjang bagi KPU mempersiapkan semuanya.

“Kita memiliki waktu enam bulan untuk mempersiapkan serta menjalankan tugas tahapan Pilkada. Ini harus betul-betul dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ungkapnya.

Terkait dengan peluncuran maskot dan jingle, kata Adi, merupakan salah satu sosialisasi pada masyarakat. Dimana dalam waktu dekat akan ada pesta Pilkada serentak.

“Kami berharap dalam Pilkada nanti semua pihak bisa sinergitas, kolaborasi serta mensukseskan Pilkada serentak ini,” Adi menutup.***

Red/K.101

Tinggalkan Balasan