Jakarta, Kabariku- Analis komunikasi politik dari Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menilai pantun atau puisi yang dibacakan seniman Butet Kartaredjasa, bernuansa propaganda politik dan mengingatkan publik pada gaya seniman Lekra (Lembaga Kebudayaan Rakyat) di tahun 1960-an.
“Pantun atau puisi Butet Kartaredjasa bernuansa propaganda politik mirip gaya seniman Lekra tahun 1960-an,” kata dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unas di Jakarta, dikutip Sabtu (1/7/2023).
Seniman Butet Kartaredjasa membacakan puisi atau pantun pada acara Bulan Bung Karno di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, baru-baru ini. Dalam puisinya Butet menyindir dua bakal calon Presiden, yakni Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. Sebaliknya memuji bakal capres Ganjar Pranowo.
Menurut Selamat Ginting, pengalaman Lekra seharusnya bisa menjadi pelajaran bagi para seniman saat ini agar bisa memisahkan karya seni dengan politik.
“Boleh-boleh saja seniman aktif berpolitik dan masuk ke partai politik, karena itu hak warga negara. Namun harus punya kesantunan politik agar pesan karya seninya tetap tersampaikan,” kata Ginting.
Apalagi, lanjut Ginting, puncak peringatan bulan Bung Karno 2023 temanya ‘Kepalkan Tangan Persatuan untuk Indonesia Raya’. Seharusnya puisi atau pantun yang disampaikan Butet Kartaredjasa selaras dengan tema acara.
“Bung Karno itu bukan hanya milik PDI Perjuangan. Sebagai proklamator, otomatis Soekarno milik bangsa Indonesia. Jangan kerdilkan Soekarno yang mempersatukan bangsa dengan membuat pantun atau puisi yang justru memecah-belah, mengadu domba,” ungkap Ginting.
Menurutnya, puisi atau pantun yang dibacakan Butet Kartaredjasa bisa merusak citra PDI Perjuangan di mata partai politik lainnya sekaligus merusak komunikasi politik di tahun politik jelang kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu).
Ia mengingatkan sejarah politik tentang kehebohan karya seniman Lekra yang membuat Presiden Soekarno harus turun tangan dan melarang perkembangan seniman Lekra di Indonesia.
“Bung Karno sampai harus turun tangan menghentikan propaganda seniman Lekra yang membuat gaduh usai peristiwa G30S/PKI 1965,” terang Ginting yang lama menjadi wartawan bidang politik.
Lekra, lanjut Ginting, tidak bisa dipisahkan dari Partai Komunis Indonesia (PKI). Hal ini, karena Lekra memang didirikan oleh tokoh-tokoh PKI, seperti DN. Aidit, Nyoto, AS Dharma pada 1950.
Menurut Ginting, gaya provokasi dari seniman Lekra menimbulkan kontra dengan para seniman lainnya seperti HB Jassin dan Taufiq Ismail. Mereka menolak provokasi Lekra dan membuat petisi Manifes Kebudayaan yang mengusung konsep kebudayaan humanisme universal dengan merujuk pada Pancasila.
“Belajar dari peristiwa kelam tahun 1969-an, saya menyarankan partai politik sebaiknya tidak lagi menggunakan seniman partisan yang karyanya mengadu domba anak bangsa. Momentum Idul Adha mestinya dijadikan refleksi untuk mengorbankan ego seniman demi kepentingan bangsa yang lebih besar,” tutup Ginting.***
Red/K.101