Mengenal Lima Wakil Menteri yang Dilantik Senin 17 Juli 2023, Ada Aktivis Korban Penculikan dan Mantan Tukang Sapu

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) dan lima wakil menteri di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/07/2023) pagi. (menpan.go.id)

Jakarta, Kabariku- Selain melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga melantik lima wakil menteri pada Senin (17/07/2023) pagi.

Mereka adalah Pahala Nugraha Mansury sebagai Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu);
Nezar Patria sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo);
Paiman Raharjo sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDT); Rosan Perkasa Roeslani sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN); dan Saiful Rahmat sebagai Wakil Menteri Agama (Menag).

Berikut ini latar belakang kelima wakil menteri tersebut dihimpun Kabariku dari berbagai sumber:

Pahala Nugraha Mansury (Wakil Menteri Luar Negeri)

Pahala Nugraha lahir di Bogor 8 April 1971 dan merupakan jebolan Akuntansi Universitas Indonesia (UI).

Sementara magisternya diraih dari NYU Stern School of Business.

Sebelum jadi Wamenlu, Pahala adalah Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dan sebelum dipercaya jadi Wamen BUMN, pria ini sempat menjadi direktur dan direktur utama di beberapa BUMN.

Di antaranya Direktur Treasury & Market PT Bank Mandiri, Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Direktur Keuangan PT Pertamina, terakhir Direktur Utama BTN (2019-2020).

Nezar Patria (Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika)

Nezar Patria sebelumnya merupakan Staf Khusus V Menteri BUMN. Ia juga sempat menjabat sebagai Direktur Kelembagaan PT Pos Indonesia (Persero) (2020-2022) dan Komisaris Utama PT Dapensi Trio Usaha (2021-2022).

Nezar lahir di Sigli (Pidie), Aceh, 5 Oktober 1970. Saat menjadi mahasiswa ia seorang aktivis.

Diketahui juga, Nezar merupakan salah satu aktivis 98 korban penculikan pada masa pergolakan reformasi tahun 98. Saat itu Nezar merupakan Sekretaris Jenderal Solidaritas Mahasiswa Indonesia untuk Demokrasi (SMID).

Nezar adalah jebolan Fakultas Filsafat, Universitas Gadjah Mada (1997). Ia melanjutkan S2 di The London School of Economics and Political Science (LSE) University of London, The United Kingdom (2027).

Nezar juga meraih gelar MBA ITB Bandung (2022), dan Asean MBA (Graduate School of Business/GSB) Universiti Sains Malaysia, Penang) (2022).

Rosan Perkasa Roeslani (Wakil Menteri BUMN)

Sebelum ditunjuk menjadi Wamen BUMN, Rosan Perkasa Roeslani adalah Duta Besar (Dubes) RI untuk Amerika Serikat (AS). Jabatan itu ia pegang sejak Desember 2021.

Rosan Roeslani lahir 31 Desember 1968 memulai karier sebagai pengusaha. Salah satu perusahaannya adalah PT Republik Indonesia Funding (Finance Indonesia) bersama Sandiaga Uno dan Hasbi Hafani pada 1997.

Pada 2002, Finance Indonesia berganti nama menjadi Recapital. Recapital mengelola manajemen aset keuangan dan investasi.

Paiman Raharjo, (Wamendes)

Paiman Raharjo tercatat sempat menjadi tukang sapu dan satpam. Hal itu terungkap dari bukunya berjudul “Tukang Sapu Jadi Profesor”.

Lelaki kelahiran Klaten, 17 Juni 1967 merantau ke Jakarta. Ia pun bersekolah di ibu kota, dan sambil sekolah SMA dia bekerja menjadi tukang sapu.

Paiman menyelesaikan S1 dan S2 Ilmu Administrasi di Universitas Prof Moestopo. Dia melanjutkan Pendidikan S3 di Universitas Padjajaran Bandung.

Terakhir ia menjadi menjadi Rektor Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) Jakarta.

Paiman sempat menjadi komisaris PGN sejak 2015. Dia juga tercatat pernah menjadi Komisaris PT Food Station Tjipinang Jaya, dan Ketua Komite Advokasi Daerah (KAD) DKI Jakarta periode 2022-2024.

Saiful Rahmat Dasuki, (Wamenag)

Saiful Rahmat Dasuki adalah Ketua DPW PPP DKI Jakarta.

Saiful Rahmat juga pernah menjabat sebagai Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Jakarta pada tahun 2012-2016 dan 2020-2022.

Itulah latar belakang lima wakil menteri yang dilantik Presiden Jokowi tadi pagi.***

Red/K-1002

Tinggalkan Balasan