Petinggi Sunda Empire Tutup Usia. Berikut Profil Ki Ageng Rangga Sasana ‘Lord Rangga’

Kabariku- Dunia media sosial dihebohkan dengan kabar meninggalnya Petinggi Sunda Empire Ki Ageng Rangga Sasana alias Lord Rangga, Rabu (7/12/2022). Lord Rangga menghembuskan napas terakhir diusia 55 tahun.

Innalilahi wa innailaihi rojiun. Telah meninggal dunia Ki Ageng Ranggasasana alias Lord Rangga Bin almarhum Murwat Hadi Wijaya pada Pukul 05.30 WIB di RS Mutiara Bunda Brebes, Jawa Tengah. Mohon doa panjenengan sedoyo. Semoga beliau husnul khotimah. Aamiin ya robbal alamin. Ttd Keluarga Besar Alm. Murwat Hadi Wijaya,” tulis pesan tersebut.

Miko, asisten Lord Rangga membenarkan kabar tersebut.

“Mohon doanya,” kata Miko.

Menurut keterangan Miko, sehari sebelumnya sempat dirawat, almarhum meninggal Rabu pagi sekira pukul 05.30 WIB di Rumah Sakit Mutiara Bunda, Brebes.

“Selamat jalan sobat, semoga husnul khotimah,” ucapnya.

Isak tangis mengiringi pemakaman Lord Rangga di Desa Grinting, Brebes, Jawa Tengah. Jenazah Lord Rangga sebelumnya disemayamkan di rumah mantan istrinya di Losari.

Kemudian dibawa ke rumah duka di Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba, Brebes, sekira pukul pukul 10.30 WIB, disambut isak tangis dari keluarganya dan warga setempat.

Jenazah Lord Rangga setelah dishalatkan di masjid terdekat, dimakamkan di TPU Gang Seo, Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah. Tampak puluhan orang ikut mengantar jenazah Raden Rangga ke peristirahatan terakhirnya.

Profil Rangga Sasana

Kabariku merangkum dari berbagai sumber profil Lord Rangga, sebagai berikut:

Ki Ageng Rangga Sasana yang memiliki nama asli Edi Raharjo lahir di Brebes, Jawa Tengah, pada 12 September 1967. Ia meninggal dunia di usia 55 tahun.

Warga Desa Grinting mengenalnya sebagai Profesor Ki Ageng Rangga Sasana. Sementara menurut warga Grinting menyebut Rangga lulusan Sekolah Pertanian Menengah di Baros dan lulus tahun 1980-an. 

Rangga sempat merantau dan saat kembali ke Brebes mengaku telah menyandang gelar profesor. Almarhum pernah menikah dengan ES atau Ratu, namun kemudian bercerai.

Tahun 2011, Jauh sebelum ketenarannya setelah bergabung dalam Sunda Empire, Lord Rangga sempat tampil dalam program Soegeng Sarjadi Forum yang tayang di TVRI dengan jabatan Ketua Dewan Bawang Merah Republik Indonesia periode 2011-2016.

Lord Rangga pernah menjadi perhatian masyarakat luas saat dia mengaku sebagai Sekretaris Jendral atau Sekjen Sunda Empire.

Sunda Empire hanyalah salah satu kontroversi Lord Rangga disamping kontroversi-kontroversi lainnya.

Memiliki 9 dinasti dan uang $500 juta

Petinggi Sunda Empire saat diperiksa Polisi mengatakan, kerajaannya saat ini memiliki sembilan dinasti. Salah satu Petinggi Sunda Empire, yakni Raden Ratnaningrum, disebut Maharani, Kaisar terakhir.

Lord Rangga pernah mengeluarkan pernyataan yang cukup kontroversial berkaitan dengan klaimnya yang menyebut bahwa Pentagon di Amerika Serikat, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa berasal dari Bandung, Jawa Barat.

Tidak hanya itu, Lord Rangga juga mengatakan bahwa Sunda Empire ini mampu menyelamatkan bumi dan menghentikan perang nuklir.

Kehadiran Sunda Empire dan berbagai klaim tidak masuk akal yang semakin masif beredar di internet, dianggap cukup mengganggu masyarakat.

28 Januari 2020, pihak Kepolisian Daerah Jawa Barat menangkap sang pemimpin serta menetapkan tiga orang petinggi Sunda Empire lainnya, yaitu; Nasri Banks sebagai Perdana Menteri, Raden Ratnaningrum selaku Maharani, dan Lord Rangga sendiri sebagai Sekretaris Jenderal Sunda Empire.

Sebut Sunda Empire Punya Anggota 54 Negara

Lord Rangga pernah menyebutkan bahwa Sunda Empire terbagi menjadi enam wilayah. Pertama Sunda Atlantik ada di Bandung sebagai tera cop diplomatik dunia.

Kedua adalah Sunda Nusantara yakni sebuah tatanan negara di mana tatanan tersebut dimulai dari benua Australia, Papua Nugini, Indonesia di dalamnya. Kemudian ada Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, dan Benua China keseluruhan.

Sementara dia juga menyebut ada Rusia yang termasuk di dalamnya dari beberapa negara lain, juga Jepang. Kemudian sampailah di Korea Selatan dan Korea Utara. Dia menyebut anggota Sunda Empire terbagi meliputi 54 negara.

Sebut PBB dan Pentagon Berasal dari Bandung

Rangga Sasana yang mengklaim dirinya sebagai Sekretaris Jenderal Sunda Empire menyebut bahwa PBB dan Pentagon lahir di Bandung.

Tentu saja klaim ini ditentang banyak orang, terutama sejarawan yang mengetahui bahwa PBB dan Pentagon bukan lahir di Bandung.

Klaim bahwa TNI Dibiayai Bank Dunia

Lord Rangga pernah menyebutkan bahwa TNI bukan dibayar dari pajak yang dibayarkan rakyat kemudian disalurkan melalui anggaran negara.

Lord Rangga mengklaim bahwa TNI dibiayai oleh Bank Duni atau World Bank. Namun, pada kenyataannya gaji dan tunjangan TNI berikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Bandung sebagai Pusat Pemerintahan Dunia

Lord Rangga juga pernah menyebutkan bahwa negara dan sistem pemerintahan negara-negara di dunia dikendalikan dari kota Bandung.

Dia juga mengatakan bahwa sebelumnya tatanan dan sistem pemerintahan dunia dikendalikan oleh Vatikan selama 75 tahun, dan kini beralih ke Bandung.

Warga lebih mengenal Lord Rangga sebagai selebriti kontroversial, meskipun klaim Lord Rangga banyak yang tidak masuk akal namun menghibur masyarakat.

Selamat Jalan Lord Rangga.***

Red/K.000

Exit mobile version