Mendikbud Nadiem Jawab Isu Peleburan Mata Pelajaran Agama

Mendikbud Nadiem Makarim. (*)

KABARIKU – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan, mata pelajaran agama masih berdiri sendiri dan tidak ada rencana untuk dilebur dengan mata pelajaran lain.

Hal itu diungkapkan Nadiem dalam rapat virtual dengan Komisi X DPR, Senin (22/6/2020).

“Ada satu isu terutama mengenai adanya kabar peleburan beberapa subjek. Ini sekadar penegasan saja bahwa tidak ada keputusan maupun rencana sampai ini untuk peleburan mata pelajaran agama dengan pelajaran lainnya,” kata Nadiem.

Ia pun mengungkapkan, pihak Kemendikbud selalu berdiskusi dengan berbagai pihak untuk melakukan penyederhanaan kurikulum sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dan hingga saat ini mata pelajaran agama masih berdiri sendiri.

“Jadi ini mohon ditegaskan jika ada yang menanya pun dari pihak luar bahwa ini tidak ada dalam rencana kita ini, masih sampai sekarang rencana mata pelajaran agama masih stand alone (berdiri sendiri) sebagai subjek,” jelas Nadiem.

Pernyataan Mendikbud tersebut sekaligus menjawab ramainya isu bahwa mata pelajaran agama akan dilebur dengan mata pelajaran lain. Bahkan isu ini sempat menjadi bahasan beberapa tokoh agama yang khawatir jika rencana ini terealisasi.

“Jadi tolong langsung dijawab, siapa saja yang menanyakan masalah ini (peleburan mata pelajaran agama). Tidak ada rencana untuk itu, mata pelajaran agama berdiri sendiri,” tegas Nadiem. (Ref)

Leave a Reply