Mahkamah Agung Berduka, Hakim Agung Dwi Sugiarto Tutup Usia

JAKARTA, Kabariku- Kabar duka datang dari Mahkamah Agung (MA) RI. Hakim Agung Dwi Sugiarto telah meninggal dunia pada Kamis, 21 Juli 2022 di RS Siloam Semanggi, Jakarta.

“Innalillahi wainna ilaihi rajiun, Yang Mulia Hakim Agung Dr. H. Dwi Sugiarto, S.H., M.H. wafat pada Kamis, 21 Juli 2022 pukul 23.20 WIB di rumah Sakit Siloam, Jakarta,” demikian rilis Humas Mahkamah Agung.

Sebagai bentuk penghormatan, Mahkamah Agung melaksanakan upacara pelepasan jenazah Yang Mulia Dwi Sugiarto pada Jumat 22 Juli 2022 di balairung Mahkamah Agung, Jakarta.

Upacara penghormatan dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H.

Hadir dalam acara ini yaitu para Pimpinan Mahkamah Agung, para Hakim Agung, para Hakim Ad-Hoc, Sekretaris Mahkamah Agung, Panitera Mahkamah Agung, para pejabat eselon 1 Mahkamah Agung, pihak keluarga dari Yang Mulia Dwi Sugiarto, dan yang lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua Mahkamah Agung menyampaikan bahwa Dwi Sugiarto merupakan hakim yang baik dan bertanggung jawab. Duka dan sangat kehilangan dengan berpulangnya salah satu Hakim Agung Kamar Perdata tersebut.

“Tahun ini, ini merupakan kehilangan terberat kedua bagi Mahkamah Agung. Sebelumnya Yang Mulia Dr. Agus Yunianto, S.H., M.H, kini kita harus kehilangan Yang Mulia Dwi Sugiarto,” ucap Ketua Mahkamah Agung dengan suara bergetar.

“Pak Dwi adalah orang baik. Semoga Allah SWT menerima semua amalnya dan menghapuskan seluruh kesalahannya,” doanya.

Dwi Sugiarto merupakan Hakim Agung Kamar Perdata Mahkamah Agung yang telah melanglang buana di dunia peradilan sebagai sejak tahun 1986. Ia mengawali karir sebagai calon hakim di Pengadilan Negeri Metro, kemudian pada tahun 1990 sebagai Hakim Tingkat Pertama Pengadilan Negeri Arga Makmur.

Pak Dwi, begitu akrab sapaannya. MA menilai baik dalam menjalankan tugas, karena itu Hakim Dwi beberapa kali pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri, di Pengadilan Negeri Menggala dan Pengadilan Negeri Bandung.

Karirnya semakin pun semakin meningkat dan mendapat kepercayaan menjadi Ketua Pengadilan Negeri Menggala, Ketua Pengadilan Negeri Depok, Ketua Pengadilan Negeri Samarinda, dan Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Sebelum pelantikannya menjadi Hakim Agung Kamar Perdata pada 26 Februari 2020, Hakim Dwi merupakan Hakim Tinggi pada Pengadilan Tinggi Denpasar.

“Seluruh keluarga besar Mahkamah Agung mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga arwah almarhum ditempatkan di sisi terbaik dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keikhlasan,” tutup rilis MA.***

Red/K.000

Leave a Reply