Komunikasi Menhan Prabowo Dengan Menhan AS di Tengah Pandemi COVID-19

Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto. (*)

KABARIKU – Menteri Pertahanan (Menhan) Indonesia Prabowo Subianto dan Menhan Amerika Serikat (AS) Mark Esper melakukan pembicaraan lewat telepon, Rabu (1/4/2020).

Menurut Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik, Sosial Ekonomi, dan Hubungan Antar Lembaga Kementerian Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak, dalam pembicaraan itu baik Menhan Indonesia Prabowo maupun Menhan AS Mark Esper, menyampaikan empati dan simpati terkait masalah Covid-19 di masing-masing negara.

“Menhan Mark menyampaikan apresiasi terhadap otoritas kepemimpinan Indonesia dalam penanganan Covid-19 dan Pak Prabowo menyampaikan seluruh dunia menghadapi masalah ini saat ini,” ungkap Dahnil, Kamis (2/4/2020).

Dahnil menambahkan, dalam situasi seperti sekarang Prabowo menyatakan sangat dibutuhkan kerja sama yang kuat antar negara untuk memerangi Covid-19.

Sementara mengenai kerjasama pertahanan, kata Dahnil, baik Prabowo maupun Esper berharap semoga bisa dibicarakan serius di waktu yang lain sehingga kerja sama pertahanan antar AS dan Indonesia dibangun lebih baik.

Menurut Dahnil, Prabowo memang aktif membangun komunikasi dengan menteri pertahanan negara-negara lain di masa pandemi corona ini.

“Tujuannya agar bisa saling bertukar informasi dan bergotong royong menyelesaikan pandemi Covid-19,” ujarnya.

Perbincangan antara Menhan Indonesia dan

Menhan AS Mark Esper sempat mengunggah pembicaraan dirinya dengan Menhan Indonesia Prabowo Subianto di akun Twitternya. Esper menjelaskan, perbincangan itu bertujuan membicarakan kerja sama pertahanan antara kedua negara dan mengkoordinasikan bantuan terkait Covid-19.

“Panggilan telepon yang baik dengan Menteri Pertahanan Indonesia @Prabowo untuk membahas kemitraan pertahanan kedua negara yang terus berkembang dan untuk mengkoordinasikan bantuan #COVID19. #killthevirus,” tulis Esper. (Has)

Leave a Reply