Kades Mangkonjaya Tasik Sumbangkan Lima Bulan Gaji untuk Warga Terdampak Covid-19

Kepala Desa Mangkonjaya Dedi Mulyadi memberikan sambutan pada acara musdes penetapan calon penerima BLT Dana Desa. (*)

KABARIKU – Kepala Desa Mangkonjaya Kecamatan Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya, Dedi Mulyadi, membuat orang-orang kaget. Ia menghibahkan lima bulan gajinya kepada warga di desanya yang terdampak pandemi Covid-19.

Gaji yang disumbangkan Dedi tersebut terhitung dari April hingga Agustus 2020 yang besarannya berkisar Rp 2 juta per bulan. Dengan demikian jumlah total gaji yang disumbangkan Dedi Rp 10 juta lebih.

Tak cuma wacana, uang gaji selama 5 bulan tersebut langsung diserahkan Dedi pada rapat penetapan jumlah penerima BLT (Bantuan Langsung Tunai) dana desa di Aula Desa Mangkonjaya, Jumat (15/5/2020).

Hadir dalam kesempatan itu, Sekretaris Kecamatan Bojonggambir, Drs. Eko Siswanto, Danramil 1221/Taraju Kapten Czi Rohadi, Kapolsek Bojonggambir Iptu Uu Mahtum, para BPD dan LPM Desa Mangkonjaya, Karang Taruna, serta seluruh RT, RW dan tokoh masyarakat desa setempat.

“Saya serahkan gaji saya lima bulan kepada Tim Satgas Covid-19 Desa Mangkonjaya untuk disumbangkan kepada warga yang terdampak Covid-19,” kata Dedi.

“Allhamdulillah…” timpal warga yang hadir di aula.

Dedi mengatakan, sumbangan tersebut ia berikan untuk mendukung ketahanan pangan Desa Mangkonjaya.

“Oleh karena itu sebaiknya dibelikan beras dan kemudian dibagikan kepada warga yang membutuhkan. Dengan uang tersebut, bisa mencukupi membeli 1 ton beras,” ujar Dedi.

Lalu dari mana Dedi dan keluarga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari? Ia mengatakan, dari mulai hari ini hingga lima bulan ke depan, ia dan keluarga akan mengandalkan warung kecil yang dikelola istrinya.

“Insya Allah, dengan doa semua warga, pendapatan dari warung yang dikelola istri saya, bisa mencukupi kebutuhan keluarga,” jelasnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Tasikmalaya mengaku terharu dan trenyuh dengan kedermawanan kepala desa. Bahkan Iwan langsung bertandang ke rumah Dedi di Mangkonjaya untuk menyampaikan keharuannya tersebut, Sabtu (16/5/2020).

“Apa yang dilakukan Pak Kades ini semoga menjadi inspirasi semua, bahwa bagi pemimpin, masyarakat adalah hal yang harus diutamakan,” jelasnya. (Ref)

Leave a Reply