Innalillahi, Mantan Ketua DPRD Garut Iyos Somantri Meninggal Dunia

H. Iyos Somantri.

KABARIKU – Innalillahi wainailahi rojiun. Kabar duka datang dari keluarga besar Partai Golkar Jawa Barat.

Ir. H. Iyos Somantri, salah seorang tokoh Partai Golkar Jawa Barat, sekaligus mantan Ketua DPD Golkar Garut dan mantan Ketua DPRD Garut, meninggal dunia Minggu malam (21/6/2020) sekitar pukul 22.00.

Almarhum Iyos Somantri dimakamkan Senin siang (22/6/2020) di kampung halamannya di Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis.

“Beliau sudah lama sakit. Dan akhirnya tadi malam berpulang,” kata Yun Gunawan, kenalan Iyos Somantri, warga Kecamatan Ciamis.

Menurut Yun, meskipun banyak berkiprah di Garut, namun H. Iyos tak melupakan Ciamis sebagai tanah kelahirannya.

“Di Ciamis, beliau banyak memberdayakan pemuda-pemudi, sehingga menjadi panutan bagi pemuda-pemudi Ciamis,” kata Yun.

Sementara itu berbagai kalangan di Garut menyebut bahwa Iyos Somantri merupakan kader Golkar tangguh dan menjadi guru politik bagi politisi-politisi muda.

Iyos Somantri memimpin DPD Golkar Garut di saat era reformasi bergulir, era di mana posisi Partai Golkar di berbagai daerah terancam penggembosan akibat situasi politik nasional. Namun di bawah Iyos Somantri, Golkar Garut bisa melewati masa tersebut dengan cukup mulus sehingga pada Pemilu 1999 suara Golkar di Garut tetap dominan. Akhirnya Iyos Somantri pun terpilih menjadi Ketua DPRD Garut untuk periode 1999-2004.

Selepas berkiprah di Garut, Iyos berkiprah di tataran Jawa Barat dengan menjadi Anggota DPRD Jawa Barat periode 2004-2009. Usai dari DPRD Jawa Barat, ia kemudian pulang kampung ke Ciamis untuk menikmati masa pensiunnya. Saat itulah ia banyak memberdayakan pemuda-pemudi Ciamis di berbagai bidang, terutama pertanian dan bidang kebudayaan.(Ref)

Leave a Reply