Gubernur DKI Ajak Semua Pihak Satu Arah dengan Presiden Jokowi Atasi Covid-19

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Gubernur DKI Anies Baswedan saat meninjau kesiapan penerapan New Normal di sejumlah fasilitas di wilayah DKI Jakarta, Selasa (26/5/2020) lalu. (*)

KABARIKU – Kompleksnya penanganan Covid-19 di wilayah DKI Jakarta yang sudah berjalan selama 3 bulan, membuat Anies Baswedan menyadari betul bagaimana kompleks dan beratnya penanganan di tingkat nasional yang harus menangani semua wilayah di Indonesia.

“Saya dan gugus tugas di Jakarta merasakan besarnya dan kompleksnya penanganan selama 3 bulan ini. Apalagi di skala nasional,” ujar Anies dalam konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube Pemprov DKI Jakarta, Kamis (4/6/2020).

Terkait hal itu, Gubernur DKI ini mengajak semua pihak untuk bersatu dan bahu membahu mendukung Presiden Joko Widodo dalam penanganan Covid-19.

“Kita harus satu arah dengan pemerintah pusat dalam memerangi pandemi Covid-19 sehingga permasalahan ini segera selesai,” paparnya.

Menurut Aies, bercermin dari penanganan di wilayah DKI yang sudah kompleks, maka beban Presiden Jokowi yang harus menangani seluruh wilayah di Indonesia lebih kompleks lagi.

“Menangani satu wilayah saja tak sederhana, apalagi menangani semua wilayah seperti pemerintah pusat, akan lebih tak sederhana lagi. Maka jika kita tak saling dukung dan searah dengan pemerintah pusat, pengendalian pandemi ini akan sulit dilakukan,” ujarnya.

Anies pun menyatakan bersyukur belakangan ini kasus positif Corona di Jakarta terus melandai. Menurutnya, adanya tren positif ini berkat dukungan dan kerjasama semua pihak.

“Dari pengalaman Jakarta, inilah saatnya saling mendukung, ini saatnya saling merangkul, ini saatnya saling mengapresiasi, ini bukan saatnya saling menyudutkan, bukan saatnya saling menyalahkan. Ini justru saatnya bersatu padu,” tambah dia.

Anies mengungkapkan, kritik memang diperlukan namun persatuan harus dikepdepankan.

“Bersatu melawan yang tidak terlihat, virus yang tidak membeda-bedakan,” tegas Anies. (Has)

Leave a Reply