BMKG Sebut Sepekan ke Depan Wilayah Ini akan Ditimpa Hujan Lebat

KABARIKU – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) mengimbau agar masyarakat di sejumlah wilayah di Indonesia waspada dengan kondisi curah hujan intensitas lebat yang dapat disertai kilat atau petir.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Drs Mulyono R Prabowo MSc menyebutkan, dari analisis sirkulasi siklonik di sekitar Samudra Hindia Selatan Lampung yang diprakirakan akan terbentuk pada tanggal 24 hingga 26 Januari 2020, akan menyebabkan terbentuknya pola korvergensi atau pertemuan angin, serta belokan angin di wilayah Indonesia bagian barat. Selain itu, kondisi atmosfer Indonesia yang labil menyebabkan massa udara lembap dari lapisan bawah cukup mudah untuk terangkat ke atmosfer.

“Kedua faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat,” kata Mulyono dalam rilis resmi yang dikeluarkan BMKG, Jumat (24/1/2020).

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan intensitas lebat dengan kilat atau petir berpotensi terjadi di beberapa wilayah berikut:

Periode 24-26 Januari 2020

Sumatera Utara
Sumatera Barat
Bengkulu
Jambi
Sumatera Selatan
Kepulauan Bangka Belitung
Lampung

Banten
DKI Jakarta
Jawa Barat
Jawa Tengah
DI Yogyakarta
Jawa Timur

Kalimantan Barat
Kalimantan Tengah
Kalimantan Selatan

Sulawesi Barat

Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan

Papua

Periode 27-29 Januari 2020

Sumatera Barat
Jambi
Bengkulu
Sumatera Selatan
Lampung

Banten
Jawa Barat
Jawa Tengah
Jawa Timur

Kalimantan Utara
Kalimantan Timur

Sulawesi Barat
Sulawesi Selatan

Papua

Terkait curah hujan dengan intensitas lebat tersebut, BMKG juga mengimbau agar masyarakat waspada dengan dampak yang ditimbulkannya, di antaranya banjir, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan sebagainya. (Ref)

Exit mobile version