Repdem Jatim Ancang-Ancang Gelar Rakerda dan Pendidikan Kader Pratama

  • Bagikan

SURABAYA, Kabariku- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) Jawa Timur bakal punya gawe besar jelang akhir tahun ini.

Organisasi sayap PDI Perjuangan ini bakal menggelar rapat kerja daerah (Rakerda) sekaligus membumikan ideologi Partai kepada anggotanya lewat pendidikan kader pratama.

Ketua DPD Repdem Jatim, Abdi Edison mengatakan, pihaknya mengagendakan rakerda pada 8 November 2021. Sebelum agenda Rakerda Repdem Jatim digelar, 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur sudah membentuk struktur Repdem tingkat cabang.

“Targetnya untuk 2021, seluruh kabupaten/kota di Jatim sudah ada struktur Repdem. Sampai hari ini ada 30 kabupaten/kota yang memiliki struktur. Sebelum rakerda 8 November, seluruh kabupaten/kota sudah harus ada Dewan Pimpinan Cabang Repdem,” kata Edison.

Hal ini dia beberkan saat menggelar rapat koordinasi dengan agenda persiapan forum konsolidasi organisasi tertinggi tingkat daerah, yakni Rakerda Repdem Jatim, Rabu (13/10/2021). Rakor virtual ini diikuti 27 DPC Repdem se-Jawa Timur.

Menurut Edison, rakor juga membahas persiapan pendidikan kader pratama bagi struktur DPC Repdem se-Jatim.

“Kami juga membahas persiapan pendidikan kader pratama pada 5-7 November 2021 bagi struktur DPC Repdem peserta rakerda,” jelas pria yang juga menjabat Ketua Bidang Pemerintahan-Otonomi Daerah-Hubungan Luar Negeri DPN Repdem ini.

“Pendidikan Kader Pratama tersebut difasilitasi langsung oleh DPD PDI Perjuangan Jatim, dengan pelaksana teknisnya Badiklatda Jatim,” sebut Edison.

Dia menambahkan, pelaksanaan Pendidikan Kader Pratama dan Rakerda Repdem berjalan menjadi satu rangkaian. Tujuannya, untuk memberikan pemahaman ideologi yang sama dan kuat pada seluruh struktur.

“Pendidikan Kader Pratama dan Rakerda menjadi satu rangkaian karena kami ingin mereka memiliki pemahaman ideologi yang kuat dan utuh. Sehingga ketika rakerda, tidak ada kesenjangan pengetahuan dalam merumuskan program kerja kita ke depannya,” paparnya.

Aktivis yang juga menjabat Wakil Kepala Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) DPD PDI Perjuangan Jatim tersebut menegaskan bahwa langkah ini merupakan ikhtiar bersama Repdem Jatim sebagai sayap partai, agar keberadaannya bisa dirasakan dan bermanfaat bagi masyarakat di setiap tingkatan.

“Saya harapkan seluruh kekuatan yang ada di partai bisa saling bersinergi melakukan kerja-kerja politik yang muaranya adalah kemenangan elektoral hattrick 2024 dan kemenangan ideologis kita,” tegas dia.

Sementara itu, dalam rakor, Edison juga menyampaikan, bahwa rakerda merupakan forum konsolidasi organisasi sayap partai tertinggi dan terpenting di tingkat provinsi.

“Agenda utamanya adalah menyusun program kerja Repdem satu periode ini, kemudian mengusulkan nama calon Ketua Repdem Jatim selanjutnya pada DPD untuk didefinitifkan,” terang Edison.

Dirinya menjelaskan, bahwa seusai gelaran rakerda, maka setiap cabang Repdem di Jawa Timur akan melaksanakan rakercab untuk membahas program dan ketua cabang selanjutnya. ***

Red/K.000
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *