Bantuan Kuota Internet untuk Siswa Hingga Guru Disalurkan Mulai Besok

  • Bagikan
Seorang siswa melaksanakan belajar jarak jauh secara online dengan menggunakan HP.

KABARIKU – Kabar gembira bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen. Bantuan kuota internet dari Kemendikbud untuk belajar selama masa pandemi Covid-19 corona bakal disalurkan mulai besok, Selasa (22/9). Adapun para penerima adalah siswa, guru, mahasiswa dan dosen yang sudah mendaftarkan diri di Data Pokok Pendidikan dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

Kuota internet ditransfer langsung oleh operator ke nomor penerima dalam dua tahap. Tahap pertama pada 22-24 September, sedangkan tahap kedua pada 28-30 September.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Naim menyatakan, setiap peserta bakal menerima dua tipe kuota, yakni kuota umum dan kuota belajar. Kuota belajar hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran yang tercantum pada Situs Bantuan Kuota Data Internet 2020.

Untuk siswa PAUD bantuan internet akan ditransfer 20 gigabyte kuota, dengan rincian 5 gigabyte kuota umum dan 15 gigabyte kuota belajar. Siswa SD dan menengah bakal mendapat 35 gigabyte kuota, rinciannya 5 gigabyte kuota umum dan 30 gigabyte kuota belajar.

Kemdian guru mendapat 42 gigabyte kuota, dengan rincian 5 gigabyte kuota umum dan 37 gigabyte kuota belajar. Mahasiswa dan dosen bakal mendapat 50 gigabyte kuota, dengan rincian 5 gigabyte kuota umum dan 45 gigabyte kuota belajar.

“Kuota internet pada bulan pertama dan kedua berlaku selama 30 hari terhitung sejak diterima pemilik nomer handphone (HP). Sedangkan kuota bulan ketiga dan keempat akan berlaku selama 75 hari secara bersamaan mulai bulan November,” jelas Ainun.

Untuk bantuan internet ini, Kemendikbud menganggarkan Rp7,2 triliun dengan tujuan untuk membantu jalannya pembelajaran jarak jauh (PJJ) daring. (Ref)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *