Inilah Nama-nama Calon Menteri yang Sudah Dipanggil Jokowi ke Istana

0 503

KABARIKU – Hingga Selasa siang (22/10/2019) Presiden Joko Widodo belum mengumumkan nama-nama calon menteri di pemerintahan keduanya. Kendati demikian, sejumlah tokoh telah dipanggil ke Istana dari Senin kemarin hingga Selasa hari ini.

Inilah nama-nama yang telah dipanggil ke Istana dari Senin hingga Selasa hari ini.

  1. Prof Mahfud MD mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) dan Menteri Pertahanan di era Gus Dur. Mahfud menyatakan belum mengetahui pasti akan mengisi kursi menteri apa. Namun ia memprediksi bisa di bidang hukum, politik atau agama.
  2. Nadiem Makarim, founder Gojek. Diprediksi ia akan mengisi kementerian baru yakni Kementerian Ekonomi Digital dan Ekonomi Kreatif.
  3. Wishnutama Kusubandio. Ia pendiri dan Komisaris Utama NET Mediatama Televisi. Sebelumnya, ia adalah Direktur Utama Trans 7, Trans TV serta NET. Diprediksi akan mengisi posisi Menteri Pariwisata.
  4. Erick Tohir. Pengusaha yang mendirikan Mahaka Group, perusahaan induk dari perusahaan yang memiliki fokus pada bisnis media dan entertainment. Unit usaha Mahaka di antaranya Gen FM & Jak FM, stasiun televisi Jak tv, media luar ruang (out of home) Mahaka Advertising, penerbitan (publishing) yakni Harian Republika, Golf Digest, digital yakni Rajakarcis.com dan berbagai perusahaan lainnya yang bergerak di bisnis olahraga dan hiburan. Ia juga pemilik klub sepakbola Italia, Inter Milan sejak 2013. Ia pun memiliki klub sepakbola Amerika, D.C. United dan juga pernah sebagai pemilik klub bola basket NBA Philadelphia 76ers. Pada Pilpres lalu, ia ditunjuk menjadi Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma’aruf Amin.Mochammad Fadjroel Rachman. Ia seorang pendidik, peneliti, penulis, dan terakhir menjadi Komisaris Utama PT Adhi Karya Persero Tbk.
  5. Prof. Dr. Drs. Pratikno, M.Soc.Sc. Ia Menteri Sekretaris Negara yang menjabat sejak 27 Oktober 2014. Sebelumnya ia Rektor Universitas Gadjah Mada yang ke 14. Ia juga pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM.
  6. Edhy Prabowo, Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra.
  7. Nico Harjanto, peneliti Populi Center dan Staf Khusus Mensesneg.
  8. Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Gerindra. Diprediksi akan mengisi kursi Menteri Pertahanan.
  9. Airlangga Hartarto, sekarang Menteri Perindustrian dan Ketum Partai Golkar
  10. Agus Gumiwang, sekarang Menteri Sosial dan Ketua DPP Partai Golkar.
  11. Sri Mulyani akan tetap menjabat sebagai Menteri Keuangan dalam Kabinet Kerja Jilid
  12. Siti Nurbaya, sekarang Menteri Lingkungan Hidup dan politikus Nasdem.
  13. Syahrul Yasin Limpo, politikus Nasdem yang juga mantan Gubernur Sulawesi Selatan
  14. Suharso Manoarfa, Plt Ketua Umum PPP
  15. Julari Batubara, Wakil Bendaraha Umum PDI Perjuangan
  16. Basuki Hadimuljono, sekarang Menteri PUPR

Selain nama-nama tersebut, ada beberapa pejabat penting yang dipanggil Presiden Jokowi pada Senin kemarin. Di antaranya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. Namun sebuah sumber menyebutkan, Presiden memangggil Tito untuk membicarakan masalah keamanan dalam negeri. Selain itu ada pula Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu atau lebih dikenal dengan nama Tetty Paruntu. Namun ia tak bertemu Presiden sehingga diprediksi dipanggil bukan terkait posisi menteri. (Ref)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.