Tingkatkan Peran Perempuan Dalam Berkarya, Mengabdi untuk Negeri dan Bermartabat Bagi Keluarga

_GOW Garut Memperingati Hari RA Kartini ke-145 dan Ulang Tahun GOW ke-70_

Garut, Kabariku- Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Garut menggelar acara Peringatan ke-145 Hari RA Kartini dan Hari Ulang Tahun ke-70 GOW Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Garut, berlangsung di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Senin (22/04/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Garut, Yayan Waryana, menegaskan peran penting perempuan dalam membentuk karakter bangsa.

Ia menyoroti pentingnya pondasi kuat dan rasa percaya diri tinggi bagi perempuan, yang merupakan inti dari perjuangan Raden Ajeng Kartini.

“Kemampuan ini pula lah yang mendasari Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan. Sehingga mampu memberikan perubahan tatanan kehidupan masyarakat terutama yang terkait dengan posisi kaum perempuan,” ucap Yayan.

Atas perjuangan RA Kartini, imbuh Yayan, saat ini Indonesia bisa memiliki perempuan-perempuan hebat, yang tidak hanya menjadi seorang ibu rumah tangga namun juga ikut berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat dengan berbagai kegiatan pembangunan dan sosial.

“Besarnya jumlah kaum perempuan diharapkan mampu meningkatkan ketahanan keluarga, ketahanan sosial, ketahanan ekonomi, karena akan mampu menciptakan lapangan pekerjaan, menyediakan barang jasa dengan harga yang lebih murah dan akan mengurangi dan berdampak terhadap menurunnya kemiskinan ekstrem di Indonesia,”ucapnya.

Meskipun demikian, lanjut Yayan, masih banyak kaum perempuan berada dalam posisi tidak berdaya, yang menyebabkan perempuan dipandang sebelah mata, stratifikasi sosial bagi perempuan, dan kaum perempuan termarjinalkan.

“Untuk itu, diperlukan langkah strategis untuk merubah paradigma pembangunan sumber daya manusia yang lebih mengedepankan kesetaraan gender. Karena sebenarnya, akan sangat menguntungkan jika terjadi kesetaraan gender antara perempuan dan laki-laki,” terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pelaksana, Inten Tito, menyampaikan Peringatan Hari RA Kartini ke-145 dan Hari Ulang Tahun GOW yang ke-70 dilaksanakan melalui berbagai kegiatan.

Kegitan tahun ini mengangkat tema “Dengan Semangat Hari Kartini Kita Tingkatkan Peran Perempuan Dalam Berkarya, Mengabdi Untuk Negeri, dan Bermartabat Bagi Keluarga”.

Adapun beberapa kegiatan yang telah dilakukan, imbuh Inten, di antaranya yaitu Olahraga dan Senam Bersama, Resepsi Peringatan Hari RA Kartini ke-145 dan Hari Ulang Tahun GOW ke-70, Edukasi Kesehatan Wanita Usia Senja, Pengajian, dan Halal Bihalal.

Pada kesempatan ini pihaknya juga melaksanakan penyerahan bantuan sosial kepada 20 kaum wanita.

Serta pemberian penghargaan Kartini Garut Tahun 2024 kepada 10 orang Kartini Garut yang berjuang tanpa pamrih yang mengharumkan kaum wanita Garut di bidang seni, tari budaya dan sastra, bidang kesehatan, bidang pendidikan dan literasi, tokoh ulama perempuan, penulis tingkat nasional, dan guru berprestasi.

Terakhir, ia memaknai bahwa Hari Kartini bukan hanya sebagai kegiatan parade pakaian kebaya saja, namun Hari Kartini merupakan parade atau pawai dari pemikiran kaum perempuan Indonesia yang berisi butir implementasi dari bakti kaum perempuan untuk masyarakat dan negara.

“Selamat mengikuti semangat Kartini menggapai mimpi, mengeksplorasi pengetahuan dan berkembang sebagai perempuan individu yang berdaya guna, serta semoga GOW semakin berperan penting dalam pengembangan perempuan,” tutupnya.***

Red/K.101

Tinggalkan Balasan