Ketua GRIB Jaya Garut Ultimatum Bertemu Abah Suta untuk Klarifikasi Video Viral Tantang Hercules

Garut, Kabariku- Viral diberbagai platfrom media sosial tantangan seorang warga Garut yang mengaku Jawara. Tantang tersebut diajukan kepada Hercules, seorang tokoh preman yang cukup disegani dan terkenal.

Pria tersebut bernama Asep Yusup
alias Abah Suta, dalam video tersebut Asep Yusup mengajak Hercules berduel.

“Assalamualaikum, yeuh bewara bijakeun ka Hercules, diadu jeng abahsparing, ari bener-bener lelaki mah(Assalamualaikum, pengumuman beritahu Hercules, diadu dengan abah, sparing, kalau benar-benar laki-laki),” ucapnya dalam video. 

Dia kemudian menyinggung soal Hercules yang mendukung satu paslon Pilpees yang menurutnya tidak pantas dibela. 

“Nu kitu dibela? Abah mah rek ngebelanegara, lain rek personal, perorangan (Orang kaya begitu dibela. Abah mah membela negara, bukan membela personal, perorangan).” 

“Siap abah sparing jeung Hercules. Sokdi mana bejakeun. Ditantang ku abah ti Garut yeuh, sok (siap abah sparing dengan Hercules. Silakan dimana? Kasih tahu, abah dari Garut nih, silakan),” lanjut dia.

Dalam video itu juga, ia meminta agar ajakannya untuk berduel dengan Hercules diviralkan.

“Bejakeun kaditu, viralkeun, ditantang ku abah, Hercules tah (kasih tahu ke dia, viralkan, ditantang abah, nih Hercules).” 

“Abah mah rek ngebala negara jeung ngebela Islam (Abah mah mau membela negara dan Islam). Siap mati, siap jihad, siap syahid. Allahuakbar,” cetusnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Gerakan Indonesia Bersatu (GRIB) Jaya, Asep Rahmat mengatakan pihaknya merasa perlu menyikapi hal tersebut karena H. Hercules Rosario Marshal adalah ketua umum DPP GRIB Jaya pusat sekaligus juga pendiri.

“Haji Hercules memerintahkan kepada kami untuk mencari orang tersebut dan bertanya padanya ada urusan apa sehingga kemudian menantang untuk berduel karena secara pribadi Hercules sendiri tidak mengetahui siapa orang tersebut,” ucapnya. Sabtu (24/2/2024).

Lanjutnya, namun Hercules juga meminta agar GRIB Jaya Kabupaten Garut menjaga kondusifitas dan melakukan koordinasi dengan APH.

Berdasarkan penelusuran ke beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Garut akhirnya ditemukan Abah Suta berdomisili di Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut.

“Bukti video tersebut dibuat , yaitu di depan pintu rumahnya masih tertera dengan jelas, bahwa ini adalah informasi A1 rumah tersebut adalah rumah Abah Suta alias Asep Alex alias Asep Ucing,” jelas Asep Rahmat.

Pencarian kepada Abah Suta ini dilakukan setelah videonya viral, Asep Rahmat mengaku telah melakukan pencarian di kawasan Garut Selatan

“Kawan-kawan kami di GRIB Jaya menyebar ke berbagai wilayah termasuk Cibalong dan kawasan Garut Selatan lainnya untuk mencari keberadaan orang tersebut, saya memberi ultimatum kepada orang ini selama 7 hari agar segera menemui dan menjelaskan apa maksud dari ajakan duel tersebut, jika dalam 7 hari tidak dilakukan maka akan dilaporkan kepada kepolisian terkait dengan undang-undang ITE,” bebernya.

Setelah diketemukan jejak dan rumahnya di Kecamatan Samarang, GRIB berhasil menemui istrinya yang mengatakan bahwa Abah Suta sudah pergi keluar rumah beberapa hari lalu, dan tidak pernah bercerita apa yang dilakukan olehnya.***

Red/K.101

Tinggalkan Balasan