Peringatan HJG ke 211, Barnas Adjidin: Pj. Bupati Butuh Dukungan Seluruh Komponen Masyarakat Garut

Garut, Kabariku- Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, mengungkapkan jika Peringatan Hari Jadi ke-211 Kabupaten Garut (HJG) terasa sangat bermakna bagi dirinya.

Dalam sambutannya di Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Garut, Barnas menyatakan bahwa tanggung jawabnya sebagai Pj. Bupati membutuhkan dukungan dari seluruh komponen masyarakat Garut.

“Karena ini merupakan hal yang pertama kalinya bagi saya dalam kapasitas tugas saya sebagai Penjabat Bupati Garut, yang dilantik pada tanggal 23 Januari 2024 lalu, dimana saya mendapatkan tugas dari Pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia,” ucap Pj Bupati Garut. Jum’at (16/02/2024).

“Untuk memastikan (dan) menjamin keberlangsungan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pembinaan kemasyarakatan di Kabupaten Garut, agar berjalan sebagaimana mestinya, terutama dalam rangka pencapaian seluruh target pembangunan yang telah ditetapkan,” imbuhnya.

Ia mengungkapkan makna penting saat ini adalah bahwa dalam pelaksanaan tugas yang ia emban sekarang, dirinya memerlukan dukungan dari seluruh komponen di Kabupaten Garut.

Dan ia juga mengajak DPRD Kabupaten Garut untuk bersinergi dan saling bahu-membahu, sehingga pembangunan di Kabupaten Garut bisa berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Ditegaskan oleh Barnas, kerjasama antara Pemerintah dan DPRD sangatlah vital untuk memastikan pembangunan berjalan sesuai harapan.

“Harus bersama-sama untuk menciptakan iklim kondusifitas dan lalu berkoordinasi (dan) berkomunikasi, sehingga apa-apa yang diharapkan oleh masing-masing termasuk harapan masyarakat bisa kita capai,” ungkapnya.

Dalam konteks penyelenggaraan pemerintah di Kabupaten Garut, Barnas mengatakan bahwa selama 2 abad sejak berdirinya Kabupaten Garut, dari berbagai referensi dan dokumen yang ia pelajari, Kabupaten Garut berkembang menjadi daerah yang terus bergerak maju dan menjadi bagian penting dalam menopang kemajuan Provinsi Jawa Barat, khusus di wilayah Priangan Timur.

Meski demikian, imbuh Barnas, kemajuan yang telah diraih tidak boleh membuat pihaknya berpuas diri. Semua pihak menurutnya harus terus bekerja keras, terutama untuk menyusun dan menetapkan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk 20 tahun mendatang, untuk menyongsong Indonesia Emas pada tahun 2045.

“Dan juga kita harus melihat tadi didalam tayangan, Garut ini (pernah menjadi) kota terbersih, oleh karena itu mari kita sama-sama mengupayakan mengembalikan kejayaan Garut terdahulu menjadi kejayaan kita bersama, tentu dengan kita bersih, kita sehat, dengan sehat kita bisa bermanfaat, dengan bermanfaat masyarakat akan sejahtera,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Garut, Euis Ida Wartiah, menuturkan, atas nama pimpinan dan seluruh jajaran DPRD Kabupaten Garut, mengucapkan selamat Hari Jadi ke-211 Kabupaten Garut.

Ia berharap momentum peringatan HJG tahun ini akan semakin meningkatkan tekad dan semangat semua pihak, untuk terus membangun dan mengantarkan Kabupaten Garut, sebagai suatu daerah yang berdiri kokoh, maju, dan sejahtera, khususnya di Jawa Barat dan umumnya di Indonesia.

“Kita patut bersyukur bahwa kita dianugerahi wilayah yang kaya akan potensi sumber daya alam dengan panorama alam yang begitu indah, oleh karena itu mari kita terus berusaha, menjadikan Kabupaten Garut sebagai kebanggaan kita bersama,” tutur Euis.

Ia juga mengajak semua pihak untuk bermuhasabah dan merekonstruksi mana hal-hal yang patut dipertahankan serta harus segera diperbaiki ataupun yang kurang, untuk kemajuan Kabupaten Garut ke depan.

“Mari kita bergandengan tangan dalam harmoni yang seirama dan saling menguatkan satu sama lain agar persoalan berbagai sektor pembangunan dapat kita atasi dan kita selesaikan,” ungkap Euis.

Sebagai generasi penerus, kata Euis, ia mengajak menjadikan sejarah sebagai untaian penuh makna dan hikmah, bahwa setiap generasi kepemimpinan memiliki warna dan dinamika tersendiri sesuai dengan era dan jamannya.

“Kepada para pendiri dan pendahulu, dengan hormat kami menyampaikan ucapan terimakasih atas jasa dan pengabdiannya yang terbaik untuk Kabupaten Garut, secara silih berganti beberapa pemimpin yang menahkodai Kabupaten Garut telah memberikan kontribusi nyata bagi akselerasi pembagian di Kabupaten Garut yang dijuluki sebagai Swiss Van Java,” tandasnya.

Euis juga mengucapkan rasa terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Bupati dan Wakil Bupati Garut, yang telah mendedikasikan waktu, tenaga, pemikiran, serta karyanya, untuk kesejahteraan dan kemajuan Kabupaten Garut.***

Red/K.101

Tinggalkan Balasan