KPK akan Limpahkan Kasus Pelecehan Oknum Pegawai Rutan ke Kepolisian

Jakarta, Kabariku- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melimpahkan kasus dugaan pelecehan atau asusila yang dilakukan pegawai tahanan KPK kepada kepolisian.

Seperti diberitakan, dugaan pelecehan tersebut dilakukan oleh oknum pegawai rutan KPK berinisial M kepada seorang istri tahanan.

Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Asep Guntur mengatakan, pelimpahan tersebut dikarenakan dugaan asusila tersebut masuk ke ranah pidana di kepolisian.

“(Dugaan) pelecehan seksual, pasti ini nanti akan kita (limpahkan) ke APH yang lain,” ujar Asep Guntur Jumat (30/6/2023).

Asep Guntur menambahkan, tak hanya kasus dugaan pelecehan seksual, KPK juga bakal berkoordinasi dengan Polri terkait penanganan sejumlah kasus yang melibatkan oknum petugas KPK.

Menurut Asep, ada tiga kasus yang melibatkan oknum petugas KPK di antaranya pungutan liar di Rutan KPK hingga penggelembungan uang perjalanan dinas.

“Terkait perkara pelecehan seksual, pungli di rutan, kemudian ada pegawai KPK yang menilap uang dinas, kita lihat apakah nanti masuk Pasal 11 atau tidak,” jelas Asep.

“Karena Pasal 11 adalah perkara-perkara tipikor yang kriterianya penyelenggara negara, penegak hukum, nilai kerugiannya minimal Rp1 miliar,” imbuhnya.***

Red/K-1002

Tinggalkan Balasan