Ganjar Pranowo Ditemani Ridwan Kamil Lepas ‘Mudik Balik Gratis’ di Bandung

Bandung, Kabariku- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ditemani Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, keduanya melepas 852 pemudik asal Jateng.

Ganjar tiba di Bandung sekira pukul 15.00 WIB. Saat berdialog dengan para pemudik di bus, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil datang ke lokasi.

Ganjar didampingi Ridwan Kamil kemudian menyapa para pemudik dan melepas keberangkatan bus dengan mengibarkan bendera start bersama.

“Iya, waktu di Jakarta saya kontak Pak Heru Pj Gubernur DKI, tapi beliau ada acara, maka yang datang Pak Kapolda. Sama, saat saya mau kesini (Bandung) saya juga kontak Kang Emil. Ketika saya masuk ke wilayah orang. Kang, saya mau melepas mudik. Kang Emil langsung bilang, aku temenin Mas, gitu,” kata Ganjar.

Selain Emil, acara pelepasan juga dihadiri Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan. Bahkan, Hengky juga ikut menyumbang bus untuk dipakai warga Jateng yang mudik.

“Ada empat bus disumbang dari Pak Hengky terima kasih sudah menyumbang untuk mudik warga Jawa Tengah yang ke Solo. Tentu ini menyenangkan,” imbuhnya.

Program mudik gratis Pemprov Jateng untuk warga Jateng yang tinggal di Jabar, sudah dua kali digelar. Tahun lalu, mudik untuk warga Jateng di Jabar juga sudah dilakukan.

“Ternyata cukup banyak juga warga Jateng di Jabar ini. Kemarin kami juga melakukan mudik gratis untuk warga Jateng di Sumatra Utara, Sumatra Selatan dan Lampung. Pujakesuma istilahnya,” jelasnya.

Ganjar mengatakan, usai dari Bandung dirinya akan kembali ke Jakarta untuk melepas pemudik asal Jateng yang mudik menggunakan kereta api, pada dini hari nanti.

“Ada tiga trip, mulai pagi dini hari, siang, sampai sore. Jadi memang sudah kembali seperti sebelum pandemi. Saat ini mudiknya bisa ramai. Antusias masyarakat luar biasa tadi,” ucapnya.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo melepas 10.328 warga Jateng yang sehari-hari bekerja di Jabodetabek mengikuti mudik gratis bersama yang difasilitasi oleh Pemprov Jateng.

Pantauan di lokasi, ribuan pemudik tampak berduyun-duyun datang ke Lapangan Museum Mandhala Bhakti Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur bersama sanak keluarga.

Selain mendapat berkah karena bisa mudik bersama, ribuan warga Jateng itu juga mendapat kado istimewa.

Mereka bisa bertemu secara langsung dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang khusus hadir untuk melepas ribuan peserta mudik gratis.

Kepada mereka semua, Ganjar berpesan supaya berhati-hati selama perjalanan. Dia juga menitipkan salam kepada keluarga peserta mudik di masing-masing kampung halaman.

“Ini bagian dari kontribusi, tidak terlalu banyak dari kami, tapi bisa menyenangkan masyarakat. Saya tadi ngobrol dengan mereka, dan rasa-rasanya saya lihat wajahnya semua sumringah. Tentu kami ikut bahagia,” kata Ganjar.

Sebanyak 212 bus dikerahkan untuk mengangkut para pemudik hari ini. Mereka akan diantar ke sejumlah daerah di Jateng, antara lain; Solo Raya, Semarang Raya, Pekalongan Raya, Kedu Raya, Pati Raya dan Banyumas Raya.

“Ke semua daerah ada, karena mudik kali ini partisipasi dari banyak pihak. Ada dari Pemprov Jateng, Bupati/Wali Kota, Bank Jateng, Jasa Raharja, RS Moewardi dan banyak lainnya,” jelasnya.

Selain melepas keberangkatan pemudik dari Jabodetabek, Ganjar Pranowo juga akan melepas pemudik via kereta api dari Jakarta, besok Selasa 18 April pagi.

Usai melepas para pemudi dari jabodetabek, pada , Ganjar bertolak ke Bandung melepas pemudik dari Jawa Barat.***

Red/K.101

Tinggalkan Balasan