Bupati Garut Lepas Program Mudik Gratis Presisi Polres Garut 2023

Mudik Gratis Presisi Polres Garut Diikuti 401 Pemudik Tujuan Cilacap Hingga Solo

Garut, Kabariku- Bupati Garut, Rudy Gunawan, bersama Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Garut, AKBP Rio Wahyu Anggoro, melepas 6 armada bus dalam program Mudik Gratis Presisi Polres Garut Tahun 2023 yang dilaksanakan di Polres Garut, Jalan Raya Suci, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Rabu (19/04/2023).

Bupati Garut mengungkapkan, jika program yang digagas oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Listyo Sigit Prabowo ini, merupakan implementasi dari tagline mudik aman dan berkesan yang diusung oleh Polri.

“Jadi dari implementasi itu memang benar-benar dilaksanakan oleh Polri, memberikan fasilitasi kepada masyarakat Garut dengan adanya mudik gratis di antar sampai tujuan dengan tagline aman dan juga berkesan, ini luar biasalah luar biasa, tapi kalau disosialisasikan lebih banyak mungkin ribuan orang yang datang,” ujar Bupati Garut.

Ia mengungkapkan jika tahun depan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut akan bekerja sama dengan Polres Garut agar peserta yang mengikuti mudik gratis ini bisa lebih banyak lagi.

“Jadi kita pemerintah daerah menyiapkan bisnya, polisi melakukan langkah-langkah untuk mengumpulkan dan mengakomodir memobilisasi kan lebih bagus ya, kalau ini semuanya anggarannya dari Polres Garut,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Garut, AKBP Rio Wahyu Anggoro, menuturkan rute terjauh dari Mudik Gratis Presisi Polres Garut Tahun 2023 ini yaitu Yogyakarta, Solo, Cilacap hingga Kebumen.

Ia memaparkan jika kegiatan ini merupakan program yang diperintahkan oleh Kapolri dalam hal transformasi pelayanan publik, dengan tujuan untuk mengurangi jumlah volume kendaraan di mudik lebaran tahun 2023 ini.

“Ada 6 Armada bus dan kita akan kawal insya Allah sampai tujuan, karena ini untuk mengurangi jumlah volume kendaraan, kita memberikan sedikit edukasi kepada masyarakat bahwa kita ada aware of crisis segala macam yang bisa menimbulkan kerugian material, kerugian nyawa segala macam, oleh sebab itu langkah preventif dari Bapak Kapolri yang harus kita laksanakan dengan baik,” paparnya.

AKBP Rio menerangkan jika program ini bukan hanya untuk mudik saja, tapi pihaknya juga telah menyiapkan bis untuk menjemput pemudik yang akan kembali ke Kabupaten Garut.

“(Jadi) pulang-pergi tanggal 25 kita siapkan untuk bus baliknya, (iya) mudik dan balik komplit. Jumlahnya yang terdata 171 untuk balik ini yang berangkat 401, yang sudah terdaftar untuk balik bersama Polres Garut 171, (iya) daftar ulang,” tandasnya.

Ia berharap program mudik gratis ini ke depan bisa diikuti bukan hanya oleh instansi pemerintah saja, tapi bisa juga dilakukan oleh pihak swasta, pengusaha, dan pihak-pihak lainnya.***

Red/K.101

Tinggalkan Balasan