Hadiri Munas V Adeksi, Wapres Ma’ruf Amin Berikan “Salam Corona”

KABARIKU – Sebagai ulama besar, KH Ma’ruf Amin, yang kini menjadi Wakil Presiden RI ini, sering menjadi buruan umat, baik sekedar silaturahmi, bersalaman atau cium tangan.

Tapi kali ini, KH Ma’ruf Amin tak dapat memberikan tangannya untuk bersalaman, apalagi dicium sembarang orang, kecuali keluarga dekatnya tentu. Menurutnya, hal itu terpaksa dilakukan sebagai antisipasi corona.

Ia pun kini memiliki cara tersendiri untuk bersalaman dengan orang, yakni menyatukan tangan di dada sambil memberikan senyuman ramah kepada orang yang mengajaknya bersalaman.

Wapres Ma’ruf Amin menyebut salam tersebut adalah “salaman corona”. Dan salaman ini dilakukannya pada saat menghadiri Munas V Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (Adeksi) di Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Rabu (11/3/2020).

“Saya minta maaf kalau terpaksa salamannya pakai salaman corona,” ujar Wapres saat itu.

Pernyataan Ma’ruf Amin langsung disambut tawa riuh dan tepuk tangan peserta acara.

Ia sendiri mengaku tidak nyaman dengan salaman seperti itu. Biasanya, siapa pun bisa bersalaman dengan dirinya tanpa dihalang-halangi.

“Biasanya banyak yang ketemu saya dan ada yang cium tangan. Kali ini, terpaksa salamannya tidak cium tangan untuk menangkal corona,” ujarnya.

Sementara itu, ada dua agenda besar dalam Munas V Adeksi. Pertama, membahas tentang dukungan DPRD kota terhadap Omnibus Law RUU Cipta Kerja. Kedua, melakukan pemilihan pengurus baru periode 2020 2025. (Ref)

Tinggalkan Balasan