Dokter dan Nakes Kehabisan APD dan Masker, IDI Sebar Permohonan Dukungan Mayarakat

KABARIKU – Jumlah kasus positif corona di Indonesia terus bertambah. Di sisi lain, meskipun belum berencana melakukan lockdown, pemerintah terus mengerahkan segala sumber daya untuk mengatasi virus asal Wuhan, China ini.

Dalam upaya yang tengah dijalankan ini, dokter dan tenaga medis lainnya merupakan garda terdepan dalam penanganan wabah virus Corona. Mereka berhadapan langsung dengan orang-orang yang positif terjangkit Covid-19.

Yang memprihatinkan, situasi yang dihadapi para dokter dan tenaga medis dalam menangani wabah corona, bertambah sulit akibat keterbatasan sarana yang memadai di antaranya Alat Perlindungan Diri (APD) dan masker. Sempat dilaporkan, karena APD stoknya habis, sejumlah tenaga medis terpaksa mengenakan jas hujan ketika menangani pasien positif corona.

Terkait kondisi tersebut, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meminta dukungan semua pihak terkait kondisi sulit yang dihadapi para dokter dan nakes (tenaga kesehatan) di lapangan.

Dalam rilisnya yang ditandatangani Ketua Bidang Kerjasama Lembaga Negara dan Media Massa, dr. Ganis Irawan, PB IDI menyatakan, banyak dokter dan tenaga kesehatan di lapangan frustrasi dengan ketiadaan Alat Perlindungan Diri (APD) seperti masker dan lain-lain.

Inilah rilis lengkap PB IDI yang diterima Kabariku, Jumat (20/3/2020).

“Yth para senior dan rekan2 sekalian, mohon dukungan dan share atas inisiatif PB IDI dalam menghadapi masalah lapangan yang dihadapi para dokter dan nakes di lapangan.

Banyak dokter dan tenaga kesehatan dilapangan frustrasi dengan ketiadaan Alat Perlindungan Diri (APD) seperti masker dll.

Para dokter dan nakes saat ini merupakan pihak yang paling beresiko terinfeksi. PB IDI berinisiatif melakukan upaya mandiri untuk menyelesaikan masalah ketiadaan APD agar para dokter dan nakes bisa tetap fokus melakukan pertolongan dan pelayanan kepada masyarakat.

Sembari PB IDI tetap mendorong adanya penyesuaian regulasi dengan masukan-masukan terukur kepada pemerintah.

Bantuan dan dukungan teman2 semua akan sangat membantu dan mungkin menyelamatkan kesehatan dan nyawa dokter, nakes, keluarga mereka dan pasien2.

Jika Anda berkenan mendukung, bantuan dapat disalurkan melalui:

Rek IDI Peduli
BNI Cab Menteng
0285478775

Anda juga bisa membantu menyebarluaskan informasi ini.

Hindari menyebarkan informasi terkait Covid19 yang belum pasti kebenarannya.

Anda bisa mengikuti perkembangan Covid19 melalui :

Pusat Info Covid19 IDI
https://covid19.idionline.org

Jangan lupa untuk tetap jaga diri dan keluarga. Be a hero, stay at home.

Ini waktu yang sangat membutuhkan kita bergandengan tangan, bersama-sama saling menjaga, sebagai satu bangsa Indonesia

Salam,

dr. Ganis Irawan
Ketua Bidang Kerjasama Lembaga Negara dan Media Massa PB IDI
.”

(Has)

Tinggalkan Balasan