Mantan Bos PT Inti Irfan Setiaputra Jadi Dirut Garuda, Yenny Wahid Jadi Komisaris

Irfan Setiaputra dan Yenny Wahid. (*)

KABARIKU – Irfan Setiaputra menjadi Direktur Utama PT Garuda Indonesia (GI) menggantikan Ari Askhara yang dicopot akibat kasus penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton beberapa waktu lalu.

Penunjukan Irfan diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT GI (Persero) Tbk di Auditorium Garuda City Center (GCC) Garuda Indonesia Management Building, Komplek Perkantoran Soekarno Hatta, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Selain menunjuk Irfan sebagai Dirut, RUPSLB juga menunjuk Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama Garuda untuk menggantikan Komisaris Utama sebelumnya Sahala Lumban Gaol.

“Pak Irfan Setiaputra saya harap bisa mengikuti prinsip Good Corporate Governance dan bisa membawa Garuda lebih baik lagi,” ujar Menteri BUMN Erick Tohir usai RUPSLB, Rabu (22/1/2020).

Dalam kesempatan yang sama, RUPSLB juga menunjuk Yenny Wahid menjadi Komisaris Independen. Erick Tohir menyebutkan, Yenny Wahid adalah figur perwakilan publik yang dapat dipercaya.

Sekilas profil Irfan

Irfan lahir di Jakarta 24 Oktober 1964 dan merupakan jebolan Teknik Informatika ITB tahun 1989.

Ia pernah berkarir di sejumlah perusahaan di antaranya IBM, LinkNet, dan Cisco. Ia pun pernah memimpin BUMN PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) sebagai dirut dari Maret 2009 hingga Juli 2012.

Irfan kemudian menjadi bos di PT Titan Mining Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan. Dari sana ia kemudian berkarir di PT Cipta Kridatama, perusahaan yang bergerak di bidang batu bara. Terakhir, sejak Februari 2019, Irfan menjadi CEO Sigfox Indonesia, pengelola jaringan Internet of Things (IoT).

***

Inilah jajaran Komisaris dan direksi baru PT Garuda Indonesia

Komisaris

  1. Komisaris Utama: Triawan Munaf
  2. Wakil Komisaris Utama: Chairal Tanjung
  3. Komisaris Independen: Yenny Wahid
  4. Komisaris Independen: Elisa Lumbantoruan
  5. Komisaris: Peter F Gontha

Direksi

  1. Direktur Utama: Irfan Setiaputra
  2. Wakil Direktur Utama: Dony Oskaria
  3. Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Fuad Rizal
  4. Direktur Operasi: Tumpal Manumpak Hutapea
  5. Direktur Human Capital: Aryaperwira Adileksana
  6. Direktur Teknik: Rahmat Hanafi
  7. Direktur Layanan, Pengembangan Usaha, dan IT: Ade R. Susardi
  8. Direktur Niaga dan Kargo: M. Rizal Pahlevi.(Ref)

Leave a Reply