Berita  

KKN Gunung Menyan Mahasiswa INAIS Bogor Diharapkan Menjadi Agen Perubahan di Masyarakat

BOGOR, Kabariku- Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Institut Agama Islam Sahid Bogor (INAIS) harus mampu memberikan dampak positif terhadap kehidupan di 10 desa di Kecamatan Pamijahan, khususnya di gunung Menyan, Bogor.

KKN ini memang berlokasi tidak jauh kampus INAIS Bogor. Peserta KKN yang dilepas oleh Rektor INAIS didampingi oleh Ketua Lembaga Pelatihan dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) berjumlah 77 orang mahasiswa.

Peserta KKN INAIS Bogor ini tersebar di Kecamatan Pamijahan, Gunung Menyan, Ciasihan, Gunung Picung, Cimayang , Pasarean , Pamijahan, Cibitung kulon , Cibitung wetan , Gunung Sari, dan Cibening.

“Saya berharap kami bisa mengalihkan kebaikan atau ajaran dan yang kami terima di kelas, di fakultas, di jurusan masing-masing untuk diimplementasikan di lingkungan masyarakat,” ujar Muhammad Istihori, Presma INAIS sekaligus ketua dari kelompok KKN gn menyan. Sabtu (30/7/2022).

Sambutan hangat yang diberikan oleh Lurah beserta staf Desa Gunung Menyan membuat mahasiswa INAIS Bogor bersemangat untuk mengabdi di Desa tersebut.

Dengan antusias RW setempat menyatakan siap mendampingi mahasiswa INAS Bogor untuk melaksanakan pengabdian terhadap masyarakat tersebut.

Muhammad Istihori sebagai ketua KKN Desa Gunung Menyan mengatakan, selain bentuk pengabdian, mahasiwa diharapkan mampu menjadi teladan dan mendorong masyarakat membuat sesuatu yang bermanfaat.

“KKN juga difokuskan ke dalam beberapa bidang diantaranya keagamaan, pendidikan, kewirausahaan, dan pengembangan potensi desa,” jelasnya

KKN ini, menurutnya, sebagai sarana pengabdian kepada masyarakat, bersama-sama membangun desa

“Sehingga memperbanyak kegiatan jangka panjang seperti belajar bersama dengan warga untuk membangun desa, bukan mengajarkan suatu desa,” tegasnya.

Mereka berharap mahasiswa INAIS Bogor bisa membantu pemerintah dalam melaksanakan program yang dimiliki oleh Pemerintah.

“Khususnya berkaitan dengan penanggulangan masalah-masalah yang ada di Desa Gunung Menyan atau men-support program yang blm terelisasi,” ujar M. Istihori

Pada kesempatan tersebut, RW Gunung Menyan berpesan kepada peserta KKN yang akan datang ke tengah-tengah masyarakat, untuk berinteraksi, berkoordinasi, berkomunikasi, dan berintegrasi dengan semua pihak yang ada di lokasi KKN.***

Red/K.101

Leave a Reply