Inilah Tujuh Provinsi yang Siap Laksanakan New Normal, Jabar di Antaranya

KABARIKU – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut ada tujuh provinsi yang siap melaksanakan new normal, yaitu Aceh, Riau, Kalimantan Utara, Maluku, Jambi, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Airlangga menyampaikan, dalam kondisi new normal, seluruh masyarakat di ketujuh provinsi tersebut bisa kembali produktif tanpa harus meninggalkan protokol kesehatan.

“DKI sesudah tanggal 4 Juni nanti (PSBB usai), kemudian juga Jabar yang PSBB-nya sampai tanggal 29 Mei,” ujar Airlangga usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, Rabu (27/5/2020).

Ditambahkannya, ketujuh daerah tersebut dianggap layak new normal berdasarkan perhitungan reproduction number (R0). Bila R0 di atas angka 1, maka infection rate-nya masih tinggi. Bila R0 kurang dari 1, maka infection rate-nya terbilang rendah.

Menurut Airlangga, angka R0, juga terlihat turun di Jawa Tengah, Bali, DI Yogyakarta, Sumatra Barat, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat.

“Trennya sudah menurun di bawah 1 di dalam tracing tiga bulan terakhir,” katanya.

Airlangga menjelaskan, pemerintah menggulirkan desain program pemulihan ekonomi terkait corona. Desain ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk penanganan Covid-19.

“Pelaksanaannya dilakukan secara bertahap,” paparnya. (Ref)

Leave a Reply