Donasi Rp 200 Juta dari KORPRI KPK untuk Fasilitas Pendidikan di Banten

Kabariku Korps Pegawai Republik Indonesia Komisi Pemberantasan Korupsi (KORPRI KPK) menyalurkan sumbangan untuk pembangunan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Madarijul Ulum di Kampung Kenari, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten.

Madrasah ini menjadi salah satu bangunan yang terimbas parah akibat bencana banjir bandang yang melanda Kota Serang pada 1 Maret 2022 yang lalu.

Donasi ini diserahkan oleh Pengurus KORPRI KPK Yonathan Demme Tangdilintin melalui Ketua Pengurus Wilayah Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (PW-LAZISNU) Banten Sugeng Setyadi, dengan disaksikan Ketua RT 14 Kampung Kenari Pendi, Pengurus NU Cabang Serang Sudirman, dan perwakilan Kantor Wilayah Pajak Kota Serang.

“Pada kesempatan ini, kami perwakilan pegawai KPK, KORPRI KPK, turut berempati atas terjadinya bencana nasional di Kota Serang. Dari pegawai KPK bermaksud menyerahkan donasi kepada lokasi terdampak banjir sebesar Rp200 juta,” ujar Yonathan.

Yonathan menuturkan pemilihan penyaluran donasi ke Madrasah Madarijul Ulum Kenari karena lokasi ini menjadi salah satu yang paling parah terdampak banjir luapan Kali Cibanten. Sebagian besar bangunan roboh dan semua peralatan seperti meja, bangku, serta buku-buku hanyut terbawa arus banjir bandang ini.

Meski demikian, atas bencana tersebut, Yonathan menegaskan bahwa pendidikan anak-anak tidak boleh berhenti.

“Hancurnya tempat belajar anak-anak, harus dibangun kembali, KPK berniat membantu pembangunan MDTA Madarijul Ulum Kenari,” ungkap Yonathan.

Atas penyaluran donasi pegawai KPK tersebut, Ketua PW-LAZISNU Banten Sugeng Setyadi menyatakan terima kasihnya. Sugeng berkomitmen pihaknya akan akuntabel dan transparan dalam pengelolaan dana donasi untuk pembangunan Madrasah Madarijul Ulum Kenari.

“Kami LAZIS Banten, mengucapan terima kasih kepada KPK atas donasi yang diberikan. Kami akan akuntabel dalam penggunaannya, untuk kebutuhan apa saja,” ujar Sugeng.

Menurut Sugeng, atas donasi KPK, pihaknya akan bekerjasama dengan masyarakat setempat untuk melakukan pembangunan madrasah secara akuntabel.

Sementara itu, Ketua RT 14 Kampung Kenari Pendi memberikan apresiasinya atas bantuan KPK untuk pembangunan Madrasah Madarijul Ulum Kenari yang berada di wilayahnya.

“Kita berterima kasih banget atas kedatangan sahabat-sahabat dari KPK, konsisten untuk peduli terhadap misi kemanusiaan di Kampung Kenari. Semoga bisa terus berlanjut,” ujar Pendi.

Pendi menjelaskan untuk mengantisipasi terdampak bencana banjir lagi. Lokasi Madrasah akan dibangun di tempat yang lebih tinggi supaya aman dan berjarak lebih jauh sekitar 500 meter dari sungai.

Sambung Pendi, progres pembangunan madrasah sudah dalam tahap pembangunan pondasi. Namun, mengalami kekurangan dana.

Adanya donasi KPK sangat membantu untuk kelancaran dan keberlanjutan pembangunan madrasah.

Selain itu, KORPRI KPK juga menyampaikan donasinya untuk masyarakat korban bencana gempa bumi yang melanda wilayah Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Sumbangan yang disampaikan melalui rekening Donasi Peduli Gempa ini rencana digunakan untuk pembangunan rumah sementara bagi warga yang terimbas bencana.

Diketahui gempa bumi berkekuatan 6,1 Skala Richter yang terjadi pada 25 Februari 2022 tersebut telah mengguncang dan meluluhlantahkan sebagian besar bangunaan di kedua wilayah tersebut.***

Red/K.101

BACA juga berita menarik lainnya KLIK disini

Leave a Reply