Di Luar Dugaan, Zulkifli Zaini Ditunjuk Jadi Dirut PLN

Zulkifli Zaini. (*)

KABARIKU – Di luar dugaan, Zulkifli Zaini ditunjuk menjadi Direktur Utama PT PLN (Persero) menggantikan Sofyan Basir. Zulkifli merupakan profesional dengan pekerjaan terakhir sebagai Komisaris Independen di Bank BNI.

Penunjukkan Zulkifli sekaligus menjawab rumor yang selama ini beredar bahwa Rudiantara, mantan Menkominfo, yang akan menjadi Dirut. Rumor tersebut muncul dengan pertimbangan bahwa PLN bukanlah perusahaan asing bagi Rudiantara mengingat sebelum menjadi Menkominfo ia pernah menjadi petinggi di perusahaan strum tersebut.

RUPS PLN juga menunjuk Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama PLN. Amin mrupakan mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (2003-2007).

“Keduanya memiliki rekam jejak yang baik dan siap mewujudkan rencana-rencana besar yang menjadi prioritas pemerintah,” kata Erick Tohir, Senin (23/12/2019).

Erick menjelaskan, ada beberapa tugas penting yang diemban oleh manajemen PLN. Pertama, merealisasikan rasio elektrifikasi 100 persen di Indonesia; kedua, menciptakan tarif listrik yang efisien baik untuk masyarakat dan industri; dan ketiga, meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) sebagai sumber listrik.

“Salah satu yang harus dipenuhi PLN adalah pemenuhan listrik ramah lingkungan di Ibu Kota Baru,” tambahnya.

Ir. Zulkifli Zaini, MBA lahir di Bukittinggi, Sumatra Barat, 13 Januari 1956. Sebelum menjadi Komisaris BNI, Zulkifli juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri dari tahun 2010 hingga 2013 menggantikan Agus Martowardojo yang diangkat menjadi Menteri Keuangan RI. (Ref)

Leave a Reply